PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE INISIASI DEBAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 BOLON TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Khasanah, Nur (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE INISIASI DEBAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 BOLON TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (289Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode Inisiasi Debat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 01 Bolon tahun pelajaran 2013/2014. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) danberlangsung dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Bolon tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 39 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru kelas, siswa dan dokumen resmi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa pada kondisi awal, yaitu 67,71 dengan persentase ketuntasan klasikalnya hanya 43,59%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat mencapai 70,88 dengan persentase ketuntasan klasikalnya 61,54%. Setelah tindakan pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77 dengan persentase ketuntasan klasikal 76,92%. Akhirnya, pada siklus III, nilai rata-sata kelas menjadi 80,36 dengan ketuntasan klasikal 87,18%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Inisiasi Debat dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 01 Bolon tahun pelajaran 2013/2014. Kata kunci : keterampilan berbicara, metode Inisiasi Debat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 01 Oct 2015 10:29
    Last Modified: 01 Oct 2015 10:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19854

    Actions (login required)

    View Item