WILLINGNESS TO PAY PENGGUNA ANGKUTAN UMUM UNTUK PELAYANAN BUS RAPID TRANSIT (BRT) KORIDOR I DI KOTA SURAKARTA: APLIKASI METODE CONTINGENT VALUATION

Muharram, Rizwan (2015) WILLINGNESS TO PAY PENGGUNA ANGKUTAN UMUM UNTUK PELAYANAN BUS RAPID TRANSIT (BRT) KORIDOR I DI KOTA SURAKARTA: APLIKASI METODE CONTINGENT VALUATION. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (175Kb) | Preview

    Abstract

    Willingness To Pay Pengguna Angkutan Umum Untuk Pelayanan Bus Rapid Transit Di Kota Surakarta: Aplikasi Survei Contingent Valuation Rizwan Muharram F0105080 Studi ini merupakan aplikasi survei contingent valuation (CV) yang ditujukan untuk mengungkapkan preferensi masyarakat atas upaya perbaikan kualitas angkutan umum di Kota Surakarta. Nilai preferensi dari masyarakat tersebut akan terungkap dari kesedian membayar – willingness to pay (WTP) maksimal masyarakat atas sistem BRT. Ukuran sampel penelitian ini adalah 285 orang, pemilihannya dilakukan melalui cara probabilitas dengan klaster area. Pengambilan sampel akan diambil secara serentak di lima titik area setiap satu jam pada pukul 07.00-17.00, hal dilakukan secara continous selama satu minggu. Analisa data dilakukan dengan model probit bertingkat. Hal ini dilakukan karena nilai WTP maksimal yang menjadi variable dependen akan berupa variable discrete yang bersifat ordinal. Hasilnya probabilitas responden untuk memiliki WTP di kelompok peringkat pertama adalah 27,09%, di kelompok peringkat kedua sebesar 53,97%, di kelompok peringkat ketiga adalah sebesar 14,39%, dan di kelompok peringkat ke empat sebesar 4,55%. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap probabilitas besaran WTP adalah tingkat pendapatan dan jenis pekerjaan. Besaran pengaruh dihitung dengan menggunakan marginal effect. Kata Kunci: contingent valuation survey, willingness to pay, perbaikan kualitas angkutan umum, Bus Rapid Transit.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
    H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 01 Oct 2015 10:12
    Last Modified: 01 Oct 2015 10:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19850

    Actions (login required)

    View Item