EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DAN THINK PAIR SHARE PADA MATERI KPK DAN FPB DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD/MI SE-KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Laila, Nur Anida (2014) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DAN THINK PAIR SHARE PADA MATERI KPK DAN FPB DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD/MI SE-KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (374Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah: (1) yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan Everyone is a Teacher Here (TPS dengan ETH), Think Pair Share (TPS), atau model pembelajaran langsung. (2) yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa-siswa yang mempunyai motivasi belajar matematika tinggi, sedang, atau rendah. (3) pada masing-masing kategori model pembelajaran, yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, tingkat motivasi belajar matematika tinggi, sedang, atau rendah. (4) pada masing-masing tingkat motivasi, yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran tipe Think Pair Share dengan Everyone is a Teacher Here (TPS dengan ETH), Think Pair Share (TPS), atau model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan eksperimental semu dengan desain faktorial 3 3. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV SD/ MI tahun pelajaran 2013/2014 di Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 176 orang dengan rincian 57 orang untuk kelas dengan model pembelajaran Think Pair Share dengan Everyone is a Teacher Here, 60 orang untuk kelas Think Pair Share dan 59 orang untuk kelas pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika dan angket motivasi belajar siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen tes prestasi dan angket gaya belajar terlebih dahulu diujicobakan. Penilaian validitas isi instrumen tes dan angket dilakukan oleh validator. Uji reliabilitas instrumen tes menggunakan rumus KR-20, sedangkan uji reliabilitas instrumen angket menggunakan rumus Cronbach Alpha. Daya pembeda tes dan konsistensi internal angket menggunakan rumus korelasi produk momen dari Karl Pearson. Uji keseimbangan menggunakan uji anava satu jalan dengan sel tak sama, dengan diperoleh kesimpulan bahwa ketiga kelompok dalam keadaan seimbang. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dengan menggunakan metode uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett dengan statistik uji Chi Kuadrat. Dengan diperoleh kesimpulan bahwa sampel berasal dari populasi yan berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data yang telah dilakukan dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. (1) Model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan ETH menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan pembelajaran langsung, sedangkan pembelajaran TPS menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi tinggi lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi sedang dan rendah, prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi sedang lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai motivasi rendah. (3) Pada pembelajaran TPS dengan ETH dan pembelajaran langsung, prestasi matematika siswa-siswa dengan motivasi tinggi sama dengan siswa-siswa dengan motivasi sedang. Begitu pula dengan prestasi matematika siswa-siswa dengan motivasi sedang sama dengan siswa-siswa dengan motivasi rendah. Sedangkan pada pembelajaran TPS siswa-siswa dengan motivasi tinggi sama dengan siswa-siswa dengan motivasi sedang. Begitu pula dengan prestasi matematika siswa-siswa dengan motivasi sedang sama dengan siswa-siswa dengan motivasi rendah. Tetapi untuk prestasi belajar matematika siswa-siswa yang mempunyai motivasi tinggi lebih baik daripada siswa-siswa dengan motivasi rendah. (4) Pada siswa yang mempunyai motivasi tinggi dan sedang, prestasi belajar siswa yang diberi pembelajaran TPS dengan ETH sama dengan siswa yang diberi pembelajarn TPS, begitu pula prestasi belajar siswa yang diberi pembelajaran TPS sama dengan pembelajaran langsung, tetapi prestasi belajar siswa yang diberi pembelajaran TPS dengan ETH lebih baik daripada pembelajaran langsung. Pada siswa yang mempunyai motivasi rendah, prestasi belajar siswa yang diberi pembelajaran TPS dengan ETH sama dengan siswa yang diberi pembelajarn TPS atau pembelajarn langsung. Kata kunci: Think Pair Share dengan Everyone is a Teacher Here, Think Pair Share, Pembelajaran langsung, Motivasi Belajar Siswa

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 01 Oct 2015 09:26
    Last Modified: 01 Oct 2015 09:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19846

    Actions (login required)

    View Item