MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BAKI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2013/2014

Ningsih, Nunung Widyastuti (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BAKI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (549Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menggambar melalui pembelajaran Quantum pada anak kelompok B TK Aisyiyah Baki Sukoharjo Tahun Aajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) berlangsung selama dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Baki Sukoharjo, yang berjumlah 17 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes paper dan pencil, serta dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulanatau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran Quantum dapat neningkatkan kemampuan menggambar anak. Kemampuan menggambar sebelum tindakan ada 5 anak (29,41%)mencapai nilai tuntas (•). Pada kondisi awal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan menggambar anak dalam kategori rendah. Pada siklus Imeningkatmenjadi 11 anak (73,33%) mencapai nilai tuntas (•). Pada siklus II meningkat dengan 14 anak (82,35%) yang mencapai nilai tuntas (•). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui pembelajaran Quantum dapat meningkatkan kemampuan menggambar pada anak kelompok B TK Aisyiyah Baki Sukoharjo Tahun Aajaran 2013/2014. Kata kunci : Kemampuan menggambar, Pembelajaran Quantum.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 01 Oct 2015 08:54
    Last Modified: 01 Oct 2015 08:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19844

    Actions (login required)

    View Item