PROSES BERPIKIR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

Sudibyo, Nugroho Arif (2014) PROSES BERPIKIR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1106Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa kelas V SD dalam memcahkan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Krulik dan Rudnick. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan sampel dilakukan dengan gabungan antara teknik purposive sampling dan snowball sampling. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua belas subjek penelitian, yaitu: empat siswa berkemampuan tinggi, empat siswa berkemampuan sedang dan empat siswa berkemampuan rendah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar tugas memecahkan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Uji validasi data yang digunakan adalah uji triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pada langkah membaca dan memikirkan, siswa tidak langsung mengidentifikasi semua fakta-fakta secara tertulis. Setelah mengidentifikasi fakta-fakta, siswa mengidentifikasi pertanyaan dari soal yang diberikan. Selanjutnya, siswa tidak mengambarkan masalah yang dihadapi tetapi langsung mengolah informasi yang dibutuhkan untuk menjawab soal; (2) Pada langkah mengeksplorasi dan merencanakan, siswa mengorganisasi informasi yang ada pada soal. Siswa menganggap cukup informasi pada soal karena terdapat hubungan antara yang diketahui dan yang ditanyakan. Disisi lain, siswa tidak membuat tabel, diagram, chart, tabel atau gambar dari soal yang diberikan tetapi langsung memilih strategi untuk menjawab soal; (3) Pada langkah memilih suatu strategi, siswa menggunakan strategi membuat daftar semua kemungkinan jawaban. Siswa menuliskan kemungkinan-kemungkinan jawaban pada lembar jawab. Tetapi, terdapat juga siswa yang menggunakan strategi menebak dan menguji, yaitu menebak berapa nilai variabel dan menguji apakah nilai variabel tersebut sudah benar. Selain itu terdapat juga siswa yang menggunakan strategi simulasi atau eksperimen, yaitu siswa mencoba-coba; (4) Pada langkah menemukan suatu jawaban, siswa menggunakan perkiraan dalam menemukan jawabannya. Disisi lain, terdapat satu siswa yang mengunakan kemampuan aljabar dalam menemukan jawaban. Siswa memisalkan ketiga hari tersebut dengan suatu variabel. Setelah mendapatkan nilai dari variabel tersebut, siswa menguji apakah jumlahnya sudah benar; (5) Pada langkah meninjau kembali dan mendiskusikan, siswa dapat mereview dengan melihat kembali hasil perhitungan pada lembar jawaban. Setelah itu, siswa merasa jawabannya sudah benar. Selanjutnya, siswa menganggap tidak ada alternatif solusi lain. Kemudian siswa tidak membuat generalisasi dari soal dan menemukan suatu konsep dari soal tersebut. Kata Kunci: Proses berpikir, masalah matematika dan pemecahan masalah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 01 Oct 2015 08:25
    Last Modified: 01 Oct 2015 08:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19836

    Actions (login required)

    View Item