PERANCANGAN BUKU POP UP PENGENALAN AKSARA JAWA UNTUK ANAK-ANAK TERBITAN TIGA SERANGKAI

Larosia, Rizqi (2014) PERANCANGAN BUKU POP UP PENGENALAN AKSARA JAWA UNTUK ANAK-ANAK TERBITAN TIGA SERANGKAI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1225Kb) | Preview

    Abstract

    Rizqi Larosia, 2014. Pengantar Tugas Akhir ini berjudul Perancangan Buku Pop Up Pengenalan Aksara Jawa Untuk Anak-anak Terbitan Tiga Serangkai. Aksara Jawa merupakan peninggalan budaya Jawa perlu dilestarikan. Saat ini Aksara Jawa hanya diajarkan pada murid-murid SD khususnya di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta sebagai bagian dari materi pelajaran Bahasa Jawa. Pembelajaran pada anak usia dini atau SD bisa menjadi pondasi yang kuat untuk menanamkan nilai-nilai budaya dan kecintaan terhadap budaya sendiri. Namun saat ini Aksara Jawa masih menjadi pelajaran yang kurang menarik bagi anak-anak SD. Pembelajaran pada anak dapat melalui buku. Buku yang menarik akan lebih disukai anak-anak. Salah satu jenis buku yang sedang digemari anak-anak saat ini adalah buku Pop up. Buku Pop up merupakan buku yang memiliki bagian khusus yang dapat muncul keluar membentuk 3 dimensi ketika buku dibuka. Buku pop up lebih menarik untuk anak-anak karena terdapat bagian yang bisa muncul seperti sebuah kejutan dan membuat pembacanya penasaran dengan apa lagi yang akan muncul pada buku tersebut. Daya tarik buku pop up inilah yang digunakan sebagai media pengenalan Aksara Jawa untuk anak-anak. Tujuan perancangan ini adalah merancang buku pop up pengenalan Aksara Jawa untuk anak-anak yang menarik dan komunikatif agar lebih mudah dipelajari anak-anak, serta memilih media promosi yang tepat untuk mendukung pemasaran buku pop up pengenalan Aksara Jawa untuk Anak-anak. Dalam pengerjaan perancangan ini digunakan metode pengumpulan data melalui gagasan, observasi, dan kajian dokumen, sehingga diperoleh konsep kreatif yang sesuai, yaitu buku yang berisi pengetahuan tentang Aksara Jawa yang termasuk sejarah Aksara Jawa dan huruf-hurufnya, yang dikemas dalam konsep Pop up yang terdiri dari berbagai teknik Pop up yang digabung sehingga menarik dan belum pernah ada sebelumnya. Media promosi yang digunakan merupakan media promosi berbayar dan tidak berbayar pada umumnya (above the line & below the line),serta merchandise yang menarik. Kata kunci : perancangan, buku, pop up, aksara jawa, anak-anak

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 30 Sep 2015 15:05
    Last Modified: 30 Sep 2015 15:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19811

    Actions (login required)

    View Item