PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DENGAN MASSED PRACTICE DAN DISTRIBUTED PRACTICE TERHADAP KEMAMPUAN GROUNDSTROKE FOREHAND TENIS LAPANGAN PADA MAHASISWA PUTRA PENKEPOR ANGKATAN 2013 JPOK FKIP UNS TAHUN 2015

HUTOMO, RIANTO YOGA (2015) PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DENGAN MASSED PRACTICE DAN DISTRIBUTED PRACTICE TERHADAP KEMAMPUAN GROUNDSTROKE FOREHAND TENIS LAPANGAN PADA MAHASISWA PUTRA PENKEPOR ANGKATAN 2013 JPOK FKIP UNS TAHUN 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (629Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh metode pembelajaran massed practice dan distributed practice terhadap kemampuan groundstroke forehand tenis lapangan pada mahasiswa putra penkepor angkatan 2013 JPOK FKIP UNS tahun 2015. (2) Latihan mana yang lebih baik pengaruhnya antara metode pembelajaran massed practice dan distributed practice terhadap kemampuan groundstroke forehand tenis lapangan pada mahasiswa putra penkepor angkatan 2013 JPOK FKIP UNS tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa putra penkepor angkatan 2013 JPOK FKIP UNS tahun 2015 yang berjumlah 60 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dari jumlah sampel 30 orang dilakukan tes dan pengukuran goundstroke forehand kemudian hasil dari tes dirangking, setelah itu dipisahkan ke dalam kelompok 1 dan kelompok 2 dengan ordinal pairing sehingga kedua kelompok mempunyai keterampilan yang merata. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran kemampuan groundstroke forehand dengan tes forehand drive dari Hewitt yang dikutip Mulyono B. ( 2010: 80-84 ). Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian : Hasil penelitian diperoleh nilai reliabilitas tes awal goundstroke forehand mahasiswa putra penkepor angkatan 2013 JPOK FKIP UNS tahun 2015 adalah 0,772 dan nilai reliabilitas tes akhir putra penkepor angkatan 2013 JPOK FKIP UNS tahun 2015 adalah 0,810. Dari uji normalitas diperoleh nilai L hitung pada tes awal kelompok 1 dan kelompok 2 dan nilai L pada tes akhir kelompok 1 dan kelompok 2 lebih kecil dari nilai L tabel signifikansi 5%, sehingga disimpulkan bahwa data tes awal dan tes akhir kelompok 1 dan kelompok 2 berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh nilai F hitung dari tes awal dan tes akhir lebih kecil dari F dengan taraf signifikansi 5%, sehingga disimpulkan bahwa kelompok 1 dan kelompok 2 memiliki varians yang homogen. Berdasarkan hasil pengujian perbedaan tes awal dengan t-test antara kelompok 1 dan kelompok 2 diperoleh nilai t tabel = 0,7189 dan t tabel = 2,145 (t hitung < t . Berdasarkan hasil pengujian perbedaan dengan analisis statistik t-test kelompok 1 antara tes awal dan tes akhir diperoleh nilai t hitung = 8,0632 dan t tabel = tabel) 2,145 (t hitung > t tabel) hitung dengan taraf hitung . Berdasarkan hasil pengujian perbedaan dengan analisis statistik t-test kelompok 2 antara tes awal dan tes akhir diperoleh nilai t hitung = 11,6927 dan t tabel = 2,145 (t hitung > t . Berdasarkan hasil perhitungan persentase peningkatan kemampuan groumdstroke forehand tenis lapangan diketahui bahwa kelompok 1 memilki peningkatan sebesar 62,441% dan kelompok 2 memiliki peningkatan 47,838%. tabel) Simpulan penelitian ini adalah (1) Ada perbedaan pengaruh metode pembelajaran massed practice dan distributed practice terhadap kemampuan groundstoroke forehand tenis lapangan pada mahasiswa putra penkepor angkatan 2013 JPOK FKIP UNS tahun 2015. (2) Metode pembelajaran massed practice memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan groundstroke forehand tenis lapangan pada mahasiswa putra penkepor angkatan 2013 JPOK FKIP UNS tahun 2015. Kata kunci : groundstoroke forehand, massed practice, distributed practice.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 30 Sep 2015 15:54
    Last Modified: 30 Sep 2015 15:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19808

    Actions (login required)

    View Item