ANALISA PENCAHAYAAN ALAMI RUANG KERJA UNIT SUMBER DAYA GEDUNG BANK INDONESIA KOTA SURAKARTA DENGAN KONSEP GREEN ARCHITECTURE

BUDIANTO, (2015) ANALISA PENCAHAYAAN ALAMI RUANG KERJA UNIT SUMBER DAYA GEDUNG BANK INDONESIA KOTA SURAKARTA DENGAN KONSEP GREEN ARCHITECTURE. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (135Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sistem pencahayaan alami di Ruang Kerja Unit Sumber Daya Bank Indonesia telah memenuhi konsep Green Architecture yang ditetapkan Green Building Council Indonesia (GBCI),apakah bukaan di Ruang Kerja Unit Sumber Daya telah memenuhi konsep Green Architecture yang ditetapkan Green Building Council Indonesia(GBCI), apakah intensitas cahaya yang masuk ke dalam Ruang Kerja Unit Sumber Daya telah memenuhi konsep Green Architecture yang ditetapkan oleh Green Building Council Indonesia(GBCI). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di ruang Unit Sumber Daya Bank Indonesia kota Surakarta. Ruangan ini merupakan ruang penting di kantor Bank Indonesia, sehingga kenyamanannya sangat penting diperhatikan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini ada data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah data intensitas cahaya alami di Ruang Kerja Unit SumberDaya. Data sekunder adalah data pendukung yang digunakan untuk memperkuat data primer yang diperoleh melalui pengamatan dan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara yaitu:(1) Melakukan Pengamatan, (2) Pengukuran menggunakan alat,dan (3) Melakukan Wawancara kepada pengguna ruang kerja Unit Sumberdaya . Alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran dalam penelitian ini adalah Light meter. Light meter digunakan untuk mengukur intensitas cahaya yang masuk ke dalam Ruang Kerja Unit Sumber Daya. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ruang Kerja Unit Sumber Daya telah mendapatkan cahaya alami yang baik pada jam kerja. Pencahayaan tersebut diperoleh melalui bidang transparan yang ada di Ruang Kerja Unit Sumber Daya. Bidang transparan di ruangan ini lebih dari 70 % luas lantai yang disyaratkan oleh GBCI sehingga mampu menyuplai cahaya alami yang dibutuhkan di Ruang Kerja Unit Sumber Daya. Ditemukan faktor-faktor lain, selain bidang transparan, faktor yang sangat berpengaruh pada pencahayaan alami di ruangan adalah kondisi cuaca di luar ruangan. Kondisi ini mempengaruhi besarnya intensitas cahaya yang masuk ke ruangan. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa : Sistem pencahayaan alami di Ruang Kerja Unit Sumber Daya telah memenuhi konsep Green Architecture, Bukaan di Ruang Kerja Unit Sumber Daya telah memenuhi konsep Green Architecture, Intensitas cahaya alami di Ruang Kerja Unit Sumber Daya telah memenuhi konsep Green Architecture yang di tetapkan oleh Green Building Council Indonesia(GBCI).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 30 Sep 2015 15:01
    Last Modified: 30 Sep 2015 15:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19805

    Actions (login required)

    View Item