UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LARI GAWANG MELALUI PENERAPAN MODIVIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PAKULAUT 03 KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Putra, Safik Asa (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LARI GAWANG MELALUI PENERAPAN MODIVIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PAKULAUT 03 KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (752Kb) | Preview

    Abstract

    Safik Asa Putra.UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LARI GAWANG MELALUI PENERAPAN MODIFIKASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PAKULAUT 03 KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi, Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lari gawang pada siswa kelas IV SD Negeri Pakulaut 03 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan alat bantu pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pakulaut 03 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa putra dan 16 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru, siswa dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar lari gawang. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan modifikasi alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lari gawang dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari pra tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada pra tindakan, siswa belum menunjukan hasil belajar yang baik, dengan kategori baik sebanyak 10 % atau 3 siswa,kategori cukup 30% atau 9 siswa dari 30 siswa, kategori kurang dengan prosentase 60% atau 18 siswa dari 30 siswa, kategori kurang sekali dengan prosentase 0%. Pada siklus I kategori baik dengan prosentase 4 siswa dari 30 siswa, kategori cukup dengan 17 siswa dari 30 siswa, kategori kurang dengan prosentase 30% atau 9 siswa dari 30 siswa, dari data tersebut bisa didapat ada sejumlah 21 siswa telah mencapai kriteria Tuntas sedangkan 9 siswa Tidak Tuntas. Pada siklus II menunjukan hasil belajar lari gawang siswa kelas IV SD Negeri Pakulaut 03 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 setelah diberikan tindakan II adalah kategori sangat baik dengan prosentase 7% atau 2 siswa dari 30 siswa, kategori baik dengan prosentase 30% atau 9 siswa dari 30 siswa, kategori cukup dengan prosentase 56% atau 17 siswa dari 30 siswa. kurang 7% atau 2 siswa dari 30 siswa kategori kurang sekali 0%. Sehingga dari data tersebut dapat diketahui bahwa 28 siswa atau 93% mencapai kriteria Tuntas. Pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II menimbulkan terjadinya proses pembelajaran yang aktif, efektif, efisien dan menyenangkan sehingga dapat mendukung terjadinya suatu pembelajaran yang berkualitas. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan modifikasi alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lari gawang pada siswa kelas IV SD Negeri Pakulaut 03 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. Kata kunci : Penerapan modifikasi alat bantu pembelajaran dan hasil belajar lari gawang

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 30 Sep 2015 13:48
    Last Modified: 30 Sep 2015 13:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19803

    Actions (login required)

    View Item