ANALISIS PENGARUH PEMBERIAN KREDIT TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA SEKTOR USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA PERBEDAAN DUA KARAKTERISTIK ADMINISTRATIF (STUDI PADA UMKM DI KOTA SURAKARTA DAN KABUPATEN KARANGANYAR)

HARTONO, BUDI (2015) ANALISIS PENGARUH PEMBERIAN KREDIT TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA SEKTOR USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA PERBEDAAN DUA KARAKTERISTIK ADMINISTRATIF (STUDI PADA UMKM DI KOTA SURAKARTA DAN KABUPATEN KARANGANYAR). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (144Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemberian kredit terhadap perkembangan usaha UMKM di Kota Surakarta dan Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Proksi dari perkembangan usaha terdiri atas omzet, pendapatan bersih (net income), dan jumlah unit volume penjualan. Pengaruh dinilai dari nilai sig. uji sebelum dan sesudah menerima kredit menggunakan paired t-test dan Wilcoxon Signed Rank. Kemudian hasil rata-rata dari keduanya diuji kembali, untuk diketahui apakah ada perbedaan berdasarkan pada perbedaan dua karakteristik geografis, menggunakan uji non parametik Mann Whitney. Penelitian ini menggunakan data primer yang dilakukan pada April hingga Juli 2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah UMKM yang pernah menerima kredit, baik lembaga keuangan, bantuan pemerintah, Kredit Usaha Rakyat (KUR), koperasi, dan sumber pendanaan formal lainnya. Metode yang digunakan adalah convenience sampling dan diperoleh 84 sampel. Peneliti menggunakan model uji dengan bantuan software SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kredit berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha UMKM. Sedangkan perbedaan dua karakteristik administratif hasil sig<0,05 pada rasio omzet, tetapi tidak ada perbedaan pada pendapatan bersih dan volume penjualan ditunjukkan dengan hasil sig>0,05. Kata kunci : kredit, UMKM, omzet, laba, volume penjualan, pedesaan, perkotaan, administratif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 30 Sep 2015 13:43
    Last Modified: 30 Sep 2015 13:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19801

    Actions (login required)

    View Item