PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS SINGOPRONO SAMBI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ASMARA, BUDI ARGA (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS SINGOPRONO SAMBI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (106Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar IPA materi sumber daya alam siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus Singoprono kecamatan Sambi kabupaten Boyolali semester II tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksperimental dan desain penelitian control group pre-test post-test. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV semester II Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus Singoprono kecamatan Sambi kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri Cermo 2 sebagai kelas eksperimen dan Sekolah Dasar Negeri Trosobo 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes objektif untuk hasil belajar IPA. Analisis data menggunakan Analisis Uji t (ttest). Persyaratan uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Hasil Penelitian ini adalah Terdapat pengaruh antara model pembelajaran Group Investigation (GI) dan model pembelajaran ceramah/konvensional terhadap hasil belajar IPA meteri sumber daya alam siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus Singoprono kecamatan Sambi kabupaten Boyolali semester II tahun pelajaran 2013/2014 (Fhit = 3,333 > Ftab = 1,683). Hasil belajar IPA kelas dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 86 sedangakan kelas yang menggunakan model pembelajaran ceramah/konvensional memperoleh nilai ratarata sebesar 79,8. Kata Kunci: Group Investigation (GI), hasil belajar IPA

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 30 Sep 2015 13:19
    Last Modified: 30 Sep 2015 13:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19796

    Actions (login required)

    View Item