PENGARUH METODE INKUIRI DAN MINAT BELAJAR IPS TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KUALA KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2012 - 2013

Ginting, Andres M (2013) PENGARUH METODE INKUIRI DAN MINAT BELAJAR IPS TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KUALA KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2012 - 2013. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (165Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK ANDRES M GINTING. NIM: S861202003. 2013. Pengaruh Metode Inkuiri Dan Minat Belajar IPS Terhadap Kreativitas Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Kuala Kabupate n Langkat Tahun Ajaran 2012 - 2013 . Tesis : pembimbing I : Prof.Dr.Sri Jut’mini M.Pd , II : Dr.Sariyatun , M.Pd, M.Hum . Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana , Universitas Sebelas Maret Surakarta. Meningkatkan kreativitas siswa didalam proses belajar mengajar. Sikap in i dapat membantu siswa dalam mem proses sejumlah bahan pelajaran . Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1 ) .Apakah ada perbedaan pengaruh antara metode Inkuiri dan Metode Ceramah Bervariasi terhadap Kreativitas siswa dalam pelajaran IPS materi sejarah Siswa kelas V SD Negeri kecamatan Kuala Kabupaten Langkat ? 2 ) .Apakah ada perbedaan pengaruh antara Minat belajar IPS Tinggi dan Rendah Terhadap Kreativitas Siswa dalam Pelajaran IPS Materi Sejarah Siswa Kelas V SD Negeri Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat ? 3 ) .Apakah ada pengaruh interaksi antara metode Inkuiri dan Minat Belajar IPS terhadap kreativitas siswa kelas V SD Negeri Ke camatan Kuala Kabupaten Langkat ? . Populasi penelitian seluruh siswa SD negeri di wilayah Kecamatan Kuala di Kabupaten Langkat . Teknik sampel yang digunakan Multi Stage Cluster Random Sampling . Sampel tersebut adalah SDN Bela Rakyat 053964 sebanyak 31 siswa ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan SDN 050601 s ebanyak 32 siswa sebagai kelas k ontrol. Total sampel 63 siswa. Penelitian ini menggunakan Desain fak torial 2x2. Al at pengumpulan data menggu nakan Angket. Uji hipotesis menggunakan Anava Dua jalan . Be rdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Tidak ada perbedaan pengaruh antara metode Inkuiri dan metode ceramah bervariasi terhadap kreativitas siswa dalam pelajaran IPS materi sejarah Siswa kelas V SD Negeri Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat hasil uji Anava diperoleh F hitung =0.402. < 4.00 (F tabel ) .2)Ada perbedaan pengaruh antara Mina t belajar IPS tinggi dan rendah Terhadap kreativitas siswa dalam pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat, hasil uji Anava diperoleh F hitung =5.406.>4.00 (F tabel ) . 3)Tidak terdapat pengaruh interaksi antara metode inkuiri dan minat belajar IPS terhadap kreativitas siswa kelas V SD Negeri Kecamatan Kuala Kabupaten La ngkat, hasil uji Ana va diperoleh F hitung =0.022 < 4.00 (F tabel ) . Kata kunci : Inkuiri, Minat Belajar IPS, Kreativitas, Sikap , siswa

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 03 Oct 2015 12:27
    Last Modified: 03 Oct 2015 14:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19789

    Actions (login required)

    View Item