Efektivitas penggunaan media pembelajaran ipa terpadu berbasis articulate dengan tema global warming

SETIAWAN, FAHMI (2015) Efektivitas penggunaan media pembelajaran ipa terpadu berbasis articulate dengan tema global warming. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (217Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas media pembelajaran IPA Terpadu berbasis Articulate pada tema Global Warming terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian true-experimental dengan tipe pretest-posttest control group design. Penelitian diawali dengan persiapan media hingga penggunaan media untuk mengetahui tingkat efektivitas media. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-F dan VII-G SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Data diperoleh dari nilai pretest dan posttest siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Rerata kemampuan kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran IPA Terpadu berbasis Articulate dengan tema global warming lebih tinggi secara signifikan dari pada rerata siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran sebelumnya, berupa file ppt, word, pdf dan video pada tema global warming. Hal ini dapat dilihat dari besarnya harga t hitung yaitu sebesar 2,8134 lebih tinggi dari pada harga t tabel, yaitu sebesar 1,6710 (2) Media pembelajaran IPA Terpadu berbasis Articulate dengan tema Global Warming efektif terhadap kemampuan kognitif siswa. Hal ini dapat dilihat dari besanya rerata peningkatan kemampuan kognitif siswa. Kata Kunci : Efektivitas, Articulate, Global warming

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 30 Sep 2015 02:39
    Last Modified: 30 Sep 2015 02:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19783

    Actions (login required)

    View Item