HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR DAN PENGEMBANGAN SOFTSKILL DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA P-IPS FKIP UNS TAHUN 2014

KRISSIDARTA, HENDIK (2015) HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR DAN PENGEMBANGAN SOFTSKILL DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA P-IPS FKIP UNS TAHUN 2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (664Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan yang signifikan antara prestasi belajar dan peningkatan soft skills mahasiswa FKIP UNS. (2) hubungan yang signifikan antara peningkatan softskills dengan minat berwirausaha pada mahasiswa. (3) hubungan yang signifikan antara prestasi belajar dan peningkatan softskills dengan minat berwira usaha pada mahasiswa FKIP UNS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Yang terdiri dari 8 jurusan dan berjumlah 447 mahasiswa. sampel yang digunakan adalah 10% dari keseluruhan populasi yaitu sebanyak 44 mahasiswa yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data untuk variabel prestasi belajar dengan menggunakan hasil prestasi belajar IPK mahasiswa. Untuk variabel softskill dan minat berwirausaha menggunakan angket. Teknik analisa data menggunakan analisis statistik dengan teknik regresi ganda komputer seri SPS edisi Sutrisno Hadi dan Yuni Parmadiningsih UGM Yogyakarta tahun 2004 versi IBM/IN. Berdasarkan Penelitian dapat disimpulkan: (1) hubungan antara prestasi belajar dan peningkatan soft skills mahasiswa FKIP UNS berdasarkan perhitungan rx1y = 0,297 maka hipotesis yang berbunyi “ada hubungan antara prestasi belajar dan peningkatan soft skills mahasiswa FKIP UNS”, dinyatakan diterima. (2) hubungan antara peningkatan softskills dengan minat berwirausaha pada mahasiswa berdasarkan perhitungan Rx2y = 0,178 dan p < 0,05 yaitu 0,0247 > 0,05, maka hipotesis yang berbunyi “ada hubungan antara peningkatan softskills dengan minat berwirausaha pada mahasiswa”, dinyatakan ditolak. (3) hubungan yang signifikan antara prestasi belajar dan peningkatan softskills dengan minat berwira usaha pada mahasiswa FKIP UNS berdasarkan perhitungan Ry(x1,2) = 1,870 dan ? < 0,01 maka hipotesis yang berbunyi “ada hubungan positif yang signifikan prestasi belajar, pengembangan softskill dan minat berwirausaha pada mahasiswa dinyatakan diterima. Kata kunci : kuantitatif, prestasi belajar, softskill, minat berwirausaha

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 30 Sep 2015 02:07
    Last Modified: 30 Sep 2015 02:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19776

    Actions (login required)

    View Item