BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYUSUNAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH (APBS) BERBASIS KINERJA (STUDI EMPIRIS DI SMK NEGERI SE-KOTA MADIUN)

HARIYADI, (2015) BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYUSUNAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH (APBS) BERBASIS KINERJA (STUDI EMPIRIS DI SMK NEGERI SE-KOTA MADIUN). Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (217Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, komitmen dari seluruh komponen organisasi, penyempurnaan sistem administrasi, sumber daya yang cukup, penghargaan (reward) yang jelas, dan sanksi (punishment) yang tegas terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS) berbasis kinerja. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan angket kepada responden. Sebagai populasi data dalam penelitian ini adalah SMK/SMA/MA Negeri dan swasta se-Kota Madiun, dan sebagai sampel datanya adalah SMK Negeri se-Kota Madiun sebanyak 5 (lima) sekolah. Banyaknya responden 75 orang meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ketua program keahlian, kepala tata usaha, guru dan staf tata usaha, serta pengurus komite sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi linier berganda (Multiple Linear Regression Analysis). Berdasarkan penelitian dengan memasukkan data dari hasil kuisioner menyatakan bahwa secara simultan kepemimpinan, komitmen dari seluruh komponen organisasi, sumber daya yang cukup, penghargaan (reward) yang jelas sanksi (punishment) yang tegas secara signifikan berpengaruh terhadap penyusunan APBS berbasis kinerja. Namun secara parsial faktor-faktor yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyusunan APBS berbasis kinerja adalah komitmen dari seluruh komponen organisasi, penyempurnaan sistem administrasi, dan penghargaan (reward) yang jelas. Sedangkan kepemimpinan, sumber daya yang cukup dan sanksi (punishment) yang tegas tidak berpengaruh terhadap penyusunan APBS berbasis kinerja. Kata kunci: kepemimpinan, komitmen dari seluruh komponen organisasi, penyempurnaan sistem administrasi, sumber daya yang cukup, penghargaan (reward), sanksi (punishment), APBS berbasis kinerja.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 30 Sep 2015 01:51
    Last Modified: 30 Sep 2015 01:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19773

    Actions (login required)

    View Item