MODEL MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN DAYA TARIK PEMBELAJARAN AKSARA JAWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 PONOROGO

PUTRA, HAMDA KHARISMA (2015) MODEL MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN DAYA TARIK PEMBELAJARAN AKSARA JAWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 PONOROGO. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (1107Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman dan daya tarik peserta didik pada pembelajaran bahasa Jawa pokok bahasan aksara Jawa dengan mengunakan multimedia interaktif. Penelitian ini Clasroom Action Reseach atau biasa dikenal dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas 1 SMAN 3 Ponorogo yang berjumlah 32 siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas ada 4 rangkaian yaitu : perencanaan, pelakasanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi yang selalu dilakukan pada setiap siklus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes untuk mengukur pemahaman siswa dan angket untuk mengukur daya tarik peserta didik terhadap pembelajaran bahasa jawa, guru berperan sebagai kolaborator. Sedangkan kriteria Keberhasilan ketercapainya penelitian ini apabila sekurang-kurangnya 80% peserta didik telah mencapai KKM = 70 dan Presentase dayatarik siswa terhadap pembelajaran bahasa jawa sebesar 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar peserta didik, diantaranya peningkatan rata-rata kelas dari kondisi awal 58,9 menjadi 70,6 pada siklus I dan 81,4 pada siklus II. Nilai terendah meningkat dari kondisi awal 45 menjadi 55 pada siklus I dan 65 pada siklus II. Nilai tertinggi meningkat dari kondisi awal 70 menjadi 90 pada siklus I dan 100 pada siklus II. Selain itu prosentase daya serap klasikal atau jumlah peserta didik yang mencapai KKM = 70 juga mengalami peningkatan dari kondisi awal 6,25% menjadi 50% pada siklus I dan 90,6% di siklus II. Presentase daya tarik peserta didik terhadap pembelajaran aksara jawa menggunakan multimedia interaktif sebesar 80,4% telah memenuhi syarat kriteria keberhasilan penelitian. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas , multimedia interaktif, pemahaman, daya tarik, aksara jawa

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 30 Sep 2015 00:23
    Last Modified: 30 Sep 2015 00:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19762

    Actions (login required)

    View Item