NILAI MORAL DALAM KUMPULAN CERPEN KAN YAMA KAN KARYA KHALID ABU BAKAR DAN KONTRIBUSINYA BAGI ANAK (ANALISIS SASTRA ANAK)

ANISAK, HAJAR YULI (2015) NILAI MORAL DALAM KUMPULAN CERPEN KAN YAMA KAN KARYA KHALID ABU BAKAR DAN KONTRIBUSINYA BAGI ANAK (ANALISIS SASTRA ANAK). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (706Kb) | Preview

    Abstract

    Alasan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu (1) Karya ini terwujud karena terinspirasi dari cerita “Marzuba>n Na>mah” karya Marzuba>n Bin Rustuma Bin Syirwi>na dengan bahasa Persia atau bahasa Iran, (2) isi cerita ini mengenai cerita anak yang didalamnya terdapat nilai moral yang dapat dijadikan pelajaran bagi anak, serta memberikan kontribusi bagi perkembangan anak, (3) penelitian ini menggunakan analisis sastra anak yang didukung dengan struktural sastra anak Nurgiyantoro, kemudian dianalisis nilai moral yang ada di dalamnya serta kontribusi cerita bagi anak. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini mengenai unsur struktur Nurgiyantoro, nilai moral, dan kontribusinya yang terkandung dalam kumpulan cerpen Ka>n Ya>ma> Ka>n. Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskripsif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer yang berupa kumpulan cerpen Ka>n Ya>ma> Ka>n Karya Kha>lid Abu> Bakar dan sumber data sekundernya berupa buku-buku referensi serta pendukung terkait dalam bidang sastra. Tahap analisis data terdiri atas, tahap pengumpulan data, klasisfikasi data, deskripsi data, analisis dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Dilihat dari teori strukturalnya, kumpulan cerpen tersebut termasuk dalam kategori sastra anak, (2) Dari kajian nilai moralnya terdapat beberapa nilai moral yang disampaikan pengarang melalui cerita tersebut, (3) Dalam kumpulan cerpen tersebut pengarang telah membuat konsep pengajaran moral yang baik bagi anak tetapi dalam pembacaan cerpen ini harus ada pendampingan dari orang tua. Kata Kunci: Ka>n Ya>ma> Ka>n, sastra anak, nilai moral.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Arab
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 30 Sep 2015 00:09
    Last Modified: 30 Sep 2015 00:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19761

    Actions (login required)

    View Item