PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN FLIP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015)

Muslikhah, Riana Isti (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN FLIP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (653Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan flip book dan model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar, (2) perbedaan pengaruh antara pengaruh gaya belajar visual, auditori dan kinestetik peserta didik terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar dan (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan flip book dan model pembelajaran ekspositori dengan gaya belajar peserta didik terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen SMK Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes hasil belajar mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis, serta angket untuk mengumpulkan data gaya belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan ANOVA dua jalan kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan pengaruh antara pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan flip book dan model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar, (2) terdapat perbedaan pengaruh antara gaya belajar visual, auditori dan kinestetik peserta didik terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar dan (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan flip book dan model pembelajaran ekspositori dengan gaya belajar peserta didik terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar. Kata kunci : Quantum Teaching, flip book, gaya belajar, ekspositori, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 29 Sep 2015 21:46
    Last Modified: 01 Oct 2015 11:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19758

    Actions (login required)

    View Item