PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI CISUMUR 04 TAHUN AJARAN 2014/2015

AZIZAH, RIZKA AMALIA (2015) PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI CISUMUR 04 TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1057Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Rizka Amalia Azizah. PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI CISUMUR 04 TAHUN AJARAN 2014/2015”. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2015. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model kooperatif tipe round table dengan media gambar, (2) Meningkatkan keterampilan menulis cerita, (3) menemukan solusi terhadap kendala penggunaan model kooperatif tipe round table dengan media gambar dalam peningkatan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas IV SD Negeri Cisumur 04 tahun ajaran 2014/2015 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan melalui analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model kooperatif tipe round table dengan media gambar sudah dilaksanakan sesuai langkah-langkahnya yaitu: tahap persiapan, pembentukan kelompok, tahap penyampaian materi dan pemberian tugas, mendiskusikan kerangka cerita, menulis cerita secara individu, penampilan hasil tugas, tahap akhir, yaitu pemberian konfirmasi dan kesimpulan, (2) penggunaan model Kooperatif tipe Round Table dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas IV SD N Cisumur 04 tahun ajaran 2014/2015. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rerata hasil tes menulis cerita siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I, rerata hasil tes menulis cerita siswa adalah 67,93. Pada siklus II, rerata hasil tes menulis cerita siswa mengalami peningkatan menjadi 78,95. Pada siklus III, rerata hasil tes menulis cerita siswa meningkat lagi menjadi 82,15. Persentase ketuntasan hasil tes menulis cerita juga meningkat, yaitu: pada siklus I yaitu 37,14%, siklus II yaitu 71,43%, siklus III yaitu 94,28%, (3) kendala yang dihadapi dalam penggunaan model kooperatif tipe round table dengan media gambar dalam peningkatan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas IV SD Negeri Cisumur 04 tahun ajaran 2014/2015, yaitu: (a) siswa masih kurang tertib dalam mengikuti pembelajaran, (b) penguasaan kelas masih kurang, (c) siswa belum sepenuhnya memahami pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe round table dengan media gambar, (d) siswa masih kurang teliti dalam menulis cerita, (e) siswa kurang berani untuk bertanya, (f) pembagian waktu perlu diperhatikan kembali. Solusinya: (a) siswa diberi bimbingan agar lebih tertib, (b) penguasaan kelas ditingkatkan, (c) memberi penjelasan kepada siswa mengenai langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan secara jelas, rinci, dan lengkap, (d) guru mengingatkan siswa agar teliti dalam menulis cerita sesuai dengan aturan penulisan yang tepat, (e) Membimbing, siswa untuk berani bertanya, (f) Guru harus lebih jeli dalam pembagian waktu. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model Kooperatif tipe Round Table dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas IV SD N Cisumur 04 tahun ajaran 2014/2015 Kata Kunci: kooperatif, round table, media gambar, keterampilan menulis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 29 Sep 2015 19:09
    Last Modified: 29 Sep 2015 19:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19756

    Actions (login required)

    View Item