ANALISIS PENGARUH BOOK TAX DIFFERENCES TERHADAP KUALITAS LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

PRIHANTO, HAFID BAGUS (2015) ANALISIS PENGARUH BOOK TAX DIFFERENCES TERHADAP KUALITAS LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (987Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara book-tax differences dengan kualitas laba pada perusahaan perbankan di Indonesia. Book-tax differences adalah selisih dari perbedaan laba komersil dengan laba fiskal yang diduga sebagai akibat dari aktivitas manajemen laba. Aktivitas manajemen laba dapat mempengaruhi laba yang dilaporkan perusahaan sehingga menimbulkan isu tentang kualitas laba yang dilaporkan. Penelitian ini menggunakan estimasi besarnya diskresi manajemen dalam penentuan Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (Discretionary Loan Loss Provisions/ DLLP) sebagai proksi dari kualitas laba. Kualitas laba yang baik adalah rendahnya diskresi manajemen atas DLLP yang ditunjukkan dengan rendahnya discretionary loan loss provisions (DLLP). Populasi penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan perusahaan sampel. Tahun amatan selama 5 tahun dari tahun 2007 sampai tahun 2011 berjumlah 25 perusahaan. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan signifikan antara book-tax differences dengan kualitas laba. Tidak terdapat perbedaan signifikan discretionary loan loss provisions pada jenis perusahaan berdasarkan besar book-tax differences. Kata kunci : book-tax differences, kualitas laba, discretionary loan loss provisions, perbankan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 29 Sep 2015 15:19
    Last Modified: 29 Sep 2015 15:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19733

    Actions (login required)

    View Item