MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 TERASAN KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

DIMYATI, HABIB (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 TERASAN KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (179Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat jauh melalui metode pendekatan pembelajaran bermain pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Tersan Juwiring Klaten tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri IV Teras Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IV SD NEGERI 4 Tersan Juwiring Klaten tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 6 siswa putri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan penilaian hasil belajar lompat jauh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan prosentase. Indikator Kinerja penelitian ditargetkan 80% Hasil belajar lompat jauh siswa tuntas. Prosedur penelitian melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan observasi, analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Pembelajaran melalui metode pendekatan pembelajaran bermain yang dilakukan sebanyak 2 siklus dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat jauh. Dari hasil analisis yang diperoleh disiklus I. Hasil belajar gerak dasar lompat jauh pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 68,75% atau 11 siswa meskipun ada beberapa kekurangan. Kemudian kekurangan ini disempurnakan dengan penanganan disiklus II sehingga terjadi peningkatan prosentase prestasi belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 87,50% atau sejumlah 14 siswa. Ini menunjukkan keberhasilan dari metode pendekatan pembelajaran bermain ini. Simpulan Penelitian ini adalah pembelajaran melalui metode pedekatan pembelajaran bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat jauh pada siswa kelas IV SD NEGERI 4 Tersan Juwiring Klaten tahun pelajaran 2013/2014. Kata kunci : Pendekatan pembelajaran bermain, gerak dasar lompat jauh

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 29 Sep 2015 15:07
    Last Modified: 29 Sep 2015 15:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19732

    Actions (login required)

    View Item