PENGARUH PROGRAM DIFFERENTIAL REINFORCEMENT OF OTHER BEHAVIOR (DRO) UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENGGANGGU ANAK TUNARUNGU SAAT PEMBELAJARAN (STUDI KASUS A+B DI KELAS VII SLB B YRTRW SURAKARTA)

KUSUMASTUTI, GRAHITA (2015) PENGARUH PROGRAM DIFFERENTIAL REINFORCEMENT OF OTHER BEHAVIOR (DRO) UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENGGANGGU ANAK TUNARUNGU SAAT PEMBELAJARAN (STUDI KASUS A+B DI KELAS VII SLB B YRTRW SURAKARTA). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (602Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program Differential Reinforcement Of Other Behavior (DRO) dalam mengurangi perilaku mengganggu anak tunarungu yang berlangsung saat pembelajaran di kelas. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pendekatan eksperimen yang digunakan adalah pendekatan Single Subject Research. Desain yang digunakan adalah rancangan A1-B-A2. Subyek penelitian merupakan dua siswa tunarungu kelas VII SMPLB di SLB B YRTRW Surakarta. Pengumpulan data melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen-komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan durasi waktu dan frekuensi munculnya perilaku mengganggu yang ditunjukkan subjek. Berdasarkan durasi dan frekuensi munculnya target perilaku subyek AA dan MEDC diketahui bahwa hasil estimasi kecenderungan arah meningkat selama fase baseline-1, menurun selama fase intervensi, dan menurun pada fase baseline-2. Dapat disimpulkan, penggunaan program Differential Reinforcement Of Other Behavior (DRO) dapat mengurangi perilaku mengganggu anak tunarungu yang berlangsung pada saat jam pembelajaran. Kata Kunci : Modifikasi perilaku, Differential Reinforcement Of Other Behavior (DRO), perilaku mengganggu, siswa tunarungu

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 29 Sep 2015 12:51
    Last Modified: 29 Sep 2015 12:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19719

    Actions (login required)

    View Item