PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS PENDIDIKAN NILAI MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI I WONOSARI KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015

AJI, GHOFAR ISMOYO (2015) PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS PENDIDIKAN NILAI MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI I WONOSARI KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (591Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitan ini adalah untuk meningkatkan karakter dan prestasi siswa melalui pembelajaran sejarah berbasis pendidikan nilai dengan model STAD di kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari Klaten. Penelitan ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Wonosari Klaten yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan proses belajar mengajar. Teknik pengumpulan data adalah analisis, observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui adanya perbedaan tingkat penguasaan siswa terhadap materi sejarah antara sebelum dan sesudah tindakan. Selain itu digunakan pula teknik analisis deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan kinerja siswa selama proses penerapan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah berbasis pendidikan nilai melalui model STAD dapat meningkatkan karakter dan prestasi belajar siswa. Pada siklus I jumlah siswa yang memiliki karakter baik adalah 74,19% dari 31 siswa atau sejumlah 23 siswa. Dalam prestasi belajar jumlah siswa yang mencapai nilai minimal 80 adalah 77,41 % dari 31 siswa atau sejumlah 24 siswa dan pada siklus II meningkat jumlah siswa yang mencapai nilai minimal 80 sebanyak 83,87% dari 31 siswa atau sejumlah 26 siswa dan dalam segi karakter sebanyak 35,48% atau 11 siswa memiliki karakter yang sangat baik, 54,83% atau 17 siswa memiliki karakter baik dan 9,67% atau 3 siswa memiliki karakter yang cukup. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah berbasis pendidikan nilai melalui model Student Teams Achievement Divisions (STAD) cocok untuk diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar sejarah di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2014/2015 karena siswa mampu menangkap nilai-nilai yang terkandung di dalam materi pelajaran sejarah sehingga hal ini mampu meningkatkan karakter siswa, di samping itu siswa dapat saling bertukar pikiran dan saling bekerjasama sesama kelompoknya untuk memahami materi sehingga semua anggota kelompok mampu menguasai materi yang diberikan oleh guru dan bisa mengerjakan tugas individu. Kata kunci: metode STAD, karakter, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 28 Sep 2015 22:50
    Last Modified: 28 Sep 2015 22:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19699

    Actions (login required)

    View Item