STRATEGI PROMOSI PUSAT PEMBELANJAAN BETENG TRADE CENTER (BTC) SEBAGAI OBYEK WISATA BELANJA DI KOTA SURAKARTA

Aprilliyani, Revita (2014) STRATEGI PROMOSI PUSAT PEMBELANJAAN BETENG TRADE CENTER (BTC) SEBAGAI OBYEK WISATA BELANJA DI KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (634Kb) | Preview

    Abstract

    Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang strategi promosi dan pemasaran pusat pembelanjaan Beteng Trade Center di kota Surakarata. Penulisan ini mempunyai beberapa tujuan penelitian antara lain untuk mengetahui profil Beteng Trade Center, bagaimana promosi dan pemasaran serta apa saja hambatan yang dihadapi pengelola Beteng Trade Center dalam upaya promosi dan pemasaran Beteng Trade Center (BTC) sebagai tujuan obyek wisata belanja di kota Surakarta. Penulisan laporan ini menggunakan metodelogi penelitian dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi ke Beteng Trade Center, dilanjutkan dengan wawancara, teknik wawancara dilakukan kepada Direktur, pengelola, serta staf marketing untuk memenuhi kebutuhan data sekunder serta pengumpulan data secara studi dokumen berupa denah, foto, brosure, leaflet, tabel dan peraturan yang berlaku di Beteng Trade Center dan juga studi pustaka yang kemudian dianlisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu Beteng Trade Center mempunyai daya tarik yang besar apabila dikembangkan menjadi pusat wisata belanja di kota Surakarta, hal ini ditegaskan dengan banyaknya pedagang dan pengunjung yang mengakses kegiatan wisata belanja mereka di Beteng Trade Center. Adapun poinpoin mengenai strategi promosi dan pemasaran berupa penyebaran brosure, leaflet, adanya bulletin atau majalah, pemasangan baliho, pembagian kaos pada bapak-bapak becak, iklan di beberapa koran dan radio, berbagai event yang diadakan di Beteng Trade Center dan promo belanja berhadiah yang diadakan setiap 2 bulan sekali. Adapun hambatan yang dihadapi oleh pengelola yaitu masih kurangnya SDM sebagai tenaga manusia yang memasarkan fasilitas belanja yang ada di BTC antara lain dengan menyebarkan brosure, leaflet tentang produk, barang ataupun event yang ada di BTC, selain itu model pemasaran dengan memanfaatkan social media / jejaring sosial dimana sekarang ini sangat berkembang pesat sekali dikalangan masyarakat dengan berbagai media yang canggih dan sedang booming dikalangan remaja seperti belanja online via facebook, instagram, tweeter, situs web dll masih sangat kurang sekali padahal hal ini sangat menguntungkan sebagai media promosi atau iklan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 28 Sep 2015 21:42
    Last Modified: 28 Sep 2015 21:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19691

    Actions (login required)

    View Item