PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ULUMI, DIANA FATIHATUL (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (602Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar biologi siswa di SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian merupakan Quasi experimental research dengan desain Posttest Only with Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 106 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 yang berjumlah 70 siswa. Sampel dalam penelitian diambil secara Cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode tes meliputi soal uraian hasil belajar biologi ranah pengetahuan, sedangkan metode non tes meliputi observasi, angket, dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan uji-t dibantu dengan SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan H0 ditolak berarti ada pengaruh Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014. Rata-rata hasil belajar biologi pada kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol dengan nilai rata-rata tertinggi terdapat pada ranah sikap, dan terendah pada ranah keterampilan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Guided Discovery Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014. Kata kunci: Guided Discovery Learning, GDL, hasil belajar biologi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Natasya Andalucki Yohosua
    Date Deposited: 28 Sep 2015 15:39
    Last Modified: 28 Sep 2015 15:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19683

    Actions (login required)

    View Item