Pelanggaran terhadap kode etik periklanan (Analisis Isi Iklan yang ditujukan untuk Anak pada Majalah Bobo periode Tahun 2000-2010 dilihat dari Pelanggaran terhadap Etika Pariwara Indonesia Tahun 2005)

JATI, DIAN UTAMI (2013) Pelanggaran terhadap kode etik periklanan (Analisis Isi Iklan yang ditujukan untuk Anak pada Majalah Bobo periode Tahun 2000-2010 dilihat dari Pelanggaran terhadap Etika Pariwara Indonesia Tahun 2005). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1122Kb) | Preview

    Abstract

    Anak-anak sangat rentan terhadap pengaruh dari luar, dalam hal ini pengaruh dari iklan. Iklan yang negatif akan berpengaruh buruk bagi perkembangan anak Untuk itu para pelaku periklanan membuat pedoman etika periklanan yang menjadi tolok ukur pembuatan iklan yang benar, jujur, bertanggung jawab dan melindungi khalayak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap pengiklan terhadap disahkannya kode etik periklanan Etika Pariwara Indonesia. Jenis penelitian ini adalah analisis isi dengan metodologi kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis isi kuantitatif dengan menggunakan coding sheet. Teknik analisis data menggunakan analisis isi kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh iklan produk anak yang ada di majalah anak Bobo dari tahun 2000 sampai tahun 2010. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pada periode tahun 2000 sampai dengan tahun 2005 terdapat 119 pengiklan/produsen yang beriklan di majalah Bobo. Dari jumlah tersebut ada 56 pengiklan (46%) yang berpotensi melanggar Etika Pariwara. Dan pada periode tahun 2006 sampai dengan tahun 2010 terdapat 117 pengiklan/produsen yang beriklan di majalah Bobo. Dari jumlah tersebut terdapat 46 pengiklan (46%) yang terindikasi melanggar Etika Pariwara. Kesimpulan: Tidak ada penurunan prosentase yang signifikan atas pelanggaran terhadap Etika Pariwara Indonesia dari periode sebelum dan sesudah disahkannya penyempurnaan Etika Pariwara Indonesia pada tahun 2005. Kata Kunci : Iklan, iklan anak, kode etik periklanan, Etika Pariwara Indonesia.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Natasya Andalucki Yohosua
    Date Deposited: 28 Sep 2015 15:36
    Last Modified: 28 Sep 2015 15:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19682

    Actions (login required)

    View Item