DAMPAK PEMBERIAN KREDIT PADA PD. BKK SUKOHARJO CABANG GATAK TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DI KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO

ANGGRAINI, DIAN LIA (2013) DAMPAK PEMBERIAN KREDIT PADA PD. BKK SUKOHARJO CABANG GATAK TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DI KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (111Kb) | Preview

    Abstract

    Dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, diperlukan kebijakan yang baik dan tepat baik dari Pemerintah Daerah maupun pihak terkait lainnya. Berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah selama era reformasi mengindikasikan adanya keberpihakan untuk mempercepat proses pemberdayaan UMKM. Diharapkan dengan kredit yang diberikan akan menjadi pemecah masalah dan membantu UMKM dalam mendapatkan tambahan modal yang mereka butuhkan melalui kredit dengan bunga yang rendah dan prosedur yang sederhana. Karena dengan modal yang lebih besar persediaan barang dagangan juga menjadi lebih banyak, dan diharapkan pendapatan yang didapat meningkat pula sehingga dapat menambah penghasilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kredit harian, kredit bulanan dan kredit musiman terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Kecamatan Gatak. Data penelitian yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuisioner, dan data sekunder dari PD. BKK Sukoharjo Cabang Gatak. Metode analisis yang digunakan untuk mengukur besarnya pengaruh kredit terhadap pendapatan UMKM dengan menggunakan perhitungan statistik yaitu analisis regresi linier dan uji t-test dengan menggunakan program SPSS 17.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya kredit harian, bulanan dan musiman yang diambil berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan UMKM, signifikan secara statistik. Pada uji asumsi klasik untuk hasil uji heteroskedastisitas adalah tidak signifikan dan tidak terjadi autokorelasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti mengajukan saran-saran antara lain: para UMKM bisa lebih memanfaatkan keberadaan lembaga perbankan dalam hal ini BKK sebagai salah satu lembaga penyalur kredit sehingga dapat mengatasi permodalan yang terbatas, memberikan kemudahan pencairan kredit mengingat UMKM mempunyai kelemahan dalam hal penyediaan modal, dll. Kata Kunci : Pemberian Kredit, BKK, UMKM.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Natasya Andalucki Yohosua
    Date Deposited: 28 Sep 2015 15:21
    Last Modified: 28 Sep 2015 15:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19679

    Actions (login required)

    View Item