EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PADA SISWA SD NEGERI 01 TUGU JUMANTONO KARANGANYAR

EKARINI, DIAN (2014) EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PADA SISWA SD NEGERI 01 TUGU JUMANTONO KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (123Kb) | Preview

    Abstract

    Masa anak merupakan masa yang penting bagi perkembangan selanjutnya. Pengalaman sosial pada masa anak akan berpengaruh terhadap kehidupan sosialnya di masa mendatang. Oleh karena itu, masa anak tidak dapat lepas dari interaksi dengan teman sebayanya. Hal ini dapat berkembang dengan baik apabila anak memiliki kecerdasan interpersonal, sehingga anak dapat berkomunikasi dengan baik dan memberikan respon secara efektif dengan lawan bicaranya. Kemampuan ini dapat dikembangkan melalui permainan berkelompok sehingga dapat mengasah kemampuan anak dalam berinteraksi satu sama lain, salah satunya dengan permainan tradisional gobag sodor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan tradisional gobag sodor efektif untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada siswa SD Negeri 01 Tugu Jumantono Karanganyar. Penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan menggunakan desain penelitian non-randomized pretest-posttest control-group design. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 18 orang siswa kelas 4 hingga 5 SD Negeri 01 Tugu Jumantono Karanganyar. Subjek dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing 9 orang. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa permainan tradisional gobag sodor sebanyak 4 kali pertemuan dengan durasi selama 60 menit untuk setiap pertemuan. Sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala kecerdasan interpersonal yang telah diuji validitas melalui professional jugdgement dengan nilai uji daya beda aitem (Korelasi Bivariate Pearson) antara 0,197 hingga 0,707 dan koefisien reliabilitas (α) 0,835. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan independent sample t test didapatkan nilai t hitung sebesar 1,802 dan probabilitas (p) signifikansi 0,045 (uji satu sisi) dengan t tabel 1,746. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Oleh karena probabilitas (p) 0,045 lebih kecil dari α = 0,05 dan t hitung sebesar 1,802 > t tabel 1,746 maka dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional gobag sodor efektif untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada siswa SD negeri 01 Tugu Jumantono Karanganyar. Kata kunci : kecerdasan interpersonal, permainan tradisional gobag sodor

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Q Science > QP Physiology
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: Natasya Andalucki Yohosua
    Date Deposited: 28 Sep 2015 15:06
    Last Modified: 28 Sep 2015 15:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19675

    Actions (login required)

    View Item