Upaya meningkatkan keterampilan membuat kalimat melalui peraga lingkaran kata pada pembelajaran bahasa Indonesiakelas v SDN Tegalmlati tahun pelajaran 2009/2010

Winarso, A. M. (2010) Upaya meningkatkan keterampilan membuat kalimat melalui peraga lingkaran kata pada pembelajaran bahasa Indonesiakelas v SDN Tegalmlati tahun pelajaran 2009/2010. Other thesis, UNS.

[img] PDF
Download (240Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan alat peraga lingkaran kata dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan pada siswa dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam pelaksanaan penggunaan alat peraga lingkaran kata pada siswa kelas V SD. Penelitian ini disusun dengan metode Penelitian Tindakan Kelas subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN I Tegalmlati Petarukan Pemalang yang terdiri dari 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumen, observasi, dan wawancara. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian diperoleh kesimpulan pada kondisi awal, nilai rata-rata kelas 64. Dengan penggunaan peraga lingkaran kata pada siklus I, nilai rata-rata kelas menjadi 73. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81. Dari keseluruhan siklus yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa guru telah mampu meningkatkan motivasi dan keterampilan siswa dalam membuat kalimat. Setiap siklus selalu membawa dampak positif ke arah peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN I Tegalmlati Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2009 / 2010.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: danny
    Date Deposited: 25 Nov 2010 19:10
    Last Modified: 25 Nov 2010 19:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/196

    Actions (login required)

    View Item