PENGARUH METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA TUNARUNGU SMP DI SLB-B YRTRW SURAKARTA TAHUN 2014

ANGGRAENI, RESTI (2014) PENGARUH METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA TUNARUNGU SMP DI SLB-B YRTRW SURAKARTA TAHUN 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (495Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Maternal Reflektif (MMR) terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa tunarungu SMP di SLB-B YRTRW Surakarta tahun 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan pre experimental design dengan pola eksperimen one group pre test post test design. Suatu kelompok diberikan pre-test, intervensi dengan jangka waktu tertentu dan post-test. Pengaruh dari intervensi tersebut diukur dari perbedaan antara pengukuran awal (pre-test) dan pengukuran akhir (post-test). Populasinya adalah 12 siswa dari kelas VII dan kelas VIII SLB-B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2013/ 2014. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh, sehingga semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Tes yang digunakan yaitu tes prestasi belajar berbentuk tes uraian bebas. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik non parametrik, Tes Rangking Bertanda Wilcoxon dengan bantuan program aplikasi pengolahan data SPSS 20. Berdasarkan analisis data tersebut, diketahui nilai Z hitung -3,062 dengan Asymp.Sig (2-tailed) 0,002 berada di bawah 5%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Maternal Reflektif berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa tunarungu SMP di SLB-B YRTRW Surakarta tahun 2014. Kata kunci : Metode Maternal Reflektif, Kemampuan Menulis,Karangan Narasi, Anak Tunarungu

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 27 Sep 2015 14:40
    Last Modified: 27 Sep 2015 14:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19596

    Actions (login required)

    View Item