Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Anggaran Belanja Pemerintah Daerah: Proses Pengadaan Barang/Jasa (Studi atas Persepsi pada Pegawai Bersertifikat Pengadaan Barang/Jasadi Pemerintah Kota Tegal)

, PURTANTO (2015) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Anggaran Belanja Pemerintah Daerah: Proses Pengadaan Barang/Jasa (Studi atas Persepsi pada Pegawai Bersertifikat Pengadaan Barang/Jasadi Pemerintah Kota Tegal). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (100Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK PURTANTO NIM: S431308037 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Anggaran Belanja Pemerintah Daerah: Proses Pengadaan Barang/Jasa (Studi atas Persepsi pada Pegawai Bersertifikat Pengadaan Barang/Jasadi Pemerintah Kota Tegal) Penelitian ini bertujuan untuk menguji Komitmen Manajemen, Perencanaan, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Monitoring dan Evaluasi, dan Lingkungan Eksternal terhadap Penyerapan Anggaran terkait Pengadaan Barang/Jasa. Latar belakang penelitian ini karena menumpuknya belanja barang/jasa dan belanja modal di akhir tahun anggaran. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai bersertifikat ahli pengadaan barang/jasa pemerintah pada Pemerintah Kota Tegal yang berjumlah 180 orang, sedangkan sampelnya diambil secara acak berjumlah 98 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen manajemen dan perencanaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan anggaran terkait pengadaan barang/jasa. Monitoring dan evaluasi berpengaruh positif namun kurang signifikan, kompetensi sumber daya manusia tidak berpengaruh positif, dan pengaruh lingkungan eksternal kurang signifikan terhadap penyerapan anggaran terkait pengadaan barang/jasa. Implikasi dari penelitian ini agar pengambil kebijakan pada pemerintah daerah lebih mengoptimalkan monitoring dan evaluasi untuk peningkatan penyerapan anggaran. Kata kunci: penyerapan anggaran, pengadaan barang/jasa

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 25 Sep 2015 15:57
    Last Modified: 25 Sep 2015 15:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19541

    Actions (login required)

    View Item