EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS TASK ANALYSIS DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V SEMESTER II DI SLB C YSSD SURAKARTA TAHUN 2014

ROCHMALINA, RIRIS (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS TASK ANALYSIS DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V SEMESTER II DI SLB C YSSD SURAKARTA TAHUN 2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (557Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Riris Rochmalina. EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBASIS TASK ANALYSIS DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V SEMESTER II DI SLB C YSSD SURAKARTA TAHUN 2014. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran berbasis task analysis dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita ringan kelas V semester 2 di SLBC YSSD Surakarta Tahun 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen kualitatif dengan jenis penelitian subjek tunggal desain reserval A-B-A, yang mana subjek dikenai perlakuan berulang untuk jangka waktu tertentu, dan pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara fase baseline I dengan fase intervensi dan fase intervensi dengan fase baseline II. Fase baseline I dilakukan selama dua sesi, fase intervensi selama tiga sesi dan fase baseline II dilakukan selama dua sesi. Populasi yang dipilih adalah siswa tunagrahita ringan kelas V SLBC YSSD Surakarta tahun 2014 yang berjumlah empat anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel yang dipilih adalah satu anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, dengan model tes perbuatan. Penelitian ini menggunakan metode analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi disajikan dengan grafik yang dihitung secara manual. Hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi dapat diperoleh nilai ratarata subjek pada fase baseline I adalah 40,5 pada fase intervensi mencapai 88,3 dan fase baseline II 98,5. Subjek memperoleh persentase overlap 0% yang berarti mendapatkan hasil maksimal dari intervensi yang diberikan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis task analysis efektif dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita ringan kelas V di SLBC YSSD Surakarta Tahun 2014. Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Task Analysis, Kemandirian, Anak Tunagrahita Ringan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 25 Sep 2015 14:06
    Last Modified: 25 Sep 2015 14:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19534

    Actions (login required)

    View Item