SISTEM ADMINISTRASI BEASISWA BIDIKMISI DI BAGIAN KESEJAHTERAAN MAHASISWA BIRO ADMINISTRASI KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

BRILIANTY, RIRIS ARDIANA BRILIANTY (2015) SISTEM ADMINISTRASI BEASISWA BIDIKMISI DI BAGIAN KESEJAHTERAAN MAHASISWA BIRO ADMINISTRASI KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2203Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK RIRIS ARDIANA B, D1511077, SISTEM ADMINISTRASI BEASISWA BIDIKMISI DI BAGIAN KESEJAHTERAAN MAHASISWA BIRO ADMINISTRASI KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA, Program Studi Manajemen Administrasi Program Diploma III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2014, 63 Halaman. Salah satu yang masih menjadi persoalan penting di Indonesia adalah mengenai bidang Pendidikan. Sehingga upaya pemerintah dalam membantu merentaskan kemiskinan dengan membuat kebijakan yang dapat membantu masyaraka/ pelajar/ calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan memiliki potensi akademik yang baik. Pada tahun 2010 mulai menerapkan bantuan Pendidikan untuk melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi yaitu Bidikmisi. Pengamatan yang dilakukan dilakukan sebagai bahan penulisan tugas akhir ini bermaksud untuk mengetahui mengenai Sistem Administrasi Beasiswa Bidimisi di Bagian Kesejahteraan Mahasiswa Biro Administrasi Kemahasiswaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sistem Administrasi merupakan serangkaian kegiatan sekelompok orang yang dilakukan secara sistematis untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, sedangkan beasiswa bidikmisi menurut pedoman beasiswa bidikmisi merupakan bantuan pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh perguruan tinggi pada program unggulan sampai lulus tepat waktu. Pengamatan ini merupakan pengamatan deskriptif kulaitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melalui observasi, wawancara dan dokumen dokumen yang berkaitan dengan beasiswa bidikmisi. teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif dengan proses meringkas atau menyingkat data yang telah diperoleh supaya mudah dipahami. Analisis data juga dapat digunakan untuk memecahkan masalah. Hasil Pengamatan menunjukan bahwa Sistem Administrasi Beasiswa Bidikmisi di bagian Kesejahteraan Mahasiswa Biro Administrasi Kemahasiswaan Universitas Sebelas Maret Surakarta yaitu meneliti kelengkapan berkas persyaratan bagi pelamar beasiswa bidikmisi, Penyeleksian calon penerima beasiswa bidikmisi, Penetapan mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi, Umpan balik dari mahasiswa yang mengajukan beasiswa bidikmisi, dan pengawasan perkembangan prestasi mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi hingga masa studi selesai. Kata kunci: Sistem Administrasi, Beasiswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 25 Sep 2015 14:03
    Last Modified: 25 Sep 2015 14:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19533

    Actions (login required)

    View Item