Perbandingan Tingkat Akurasi Regresi Nonparametrik Spline dan Regresi Nonparametrik Kernel pada Pertumbuhan Balita di Kota Surakarta

ASTUTI, FEBRIANI (2015) Perbandingan Tingkat Akurasi Regresi Nonparametrik Spline dan Regresi Nonparametrik Kernel pada Pertumbuhan Balita di Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (40Kb) | Preview

    Abstract

    Pola pertumbuhan balita memiliki bentuk yang tidak teratur sehingga apabila diestimasi menggunakan regresi nonparametrik hasilnya lebih akurat. Pendekatan untuk mengestimasi kurva regresi nonparametrik diantaranya dengan menggunakan regresi nonparametrik spline dan regresi nonparametrik kernel. Regresi nonparametrik spline dapat mengatasi data dengan pola yang tidak teratur, sedangkan regresi nonparametrik kernel memiliki bentuk yang fleksibel dan mudah dalam perhitungan matematisnya. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan tingkat akurasi dari kedua model regresi yang diterapkan pada data pertumbuhan balita di Kota Surakarta. Berdasarkan nilai MSE, MAE, MAPE, dan R^2, dapat disimpulkan bahwa model regresi nonparametrik kernel lebih baik digunakan daripada model regresi nonparametrik spline.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 25 Sep 2015 13:45
    Last Modified: 25 Sep 2015 13:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19528

    Actions (login required)

    View Item