PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP IKLAN POLITIK ABURIZAL BAKRIE PADA MEDIA TELEVISI TV ONE (Studi Deskriptif Tentang Persepsi Mahasiswa Terhadap Iklan Politik Aburizal Bakrie di Media Televisi TV ONE Pada Mahasiswa Komunikasi Non Reguler Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun 2011)

HARTANTO, RINTIS TRI (2015) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP IKLAN POLITIK ABURIZAL BAKRIE PADA MEDIA TELEVISI TV ONE (Studi Deskriptif Tentang Persepsi Mahasiswa Terhadap Iklan Politik Aburizal Bakrie di Media Televisi TV ONE Pada Mahasiswa Komunikasi Non Reguler Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun 2011). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (664Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Rintis Tri Hartanto. NIM. D1211067. PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP IKLAN POLITIK ABURIZAL BAKRIE PADA MEDIA TELEVISI TV ONE (Studi Deskriptif Tentang Persepsi Mahasiswa Terhadap Iklan Politik Aburizal Bakrie di Media Televisi TV ONE Pada Mahasiswa Komunikasi Non Reguler Tahun 2011). Skripsi (S-1), Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap iklan politik Aburizal Bakrie pada media televisi TV One. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, sumber data menggunakan informan atau narasumber yaitu mahasiswa Komunikasi Non Reguler Tahun 2011, dengan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive samping. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan data triangulation dimana peneliti menggunakan beberapa sumber data untuk mengumpulkan data yang sama Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif (model saling terjalin). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa tentang iklan politik Aburizal Bakrie pada Media Televisi TV One sebagian mahasiswa lebih menyukai iklan politik ARB yang bertema petani. Di mana dari iklan tersebut visi dan misi ARB cukup jelas diungkapkan dan dipahami oleh pemirsa. Dalam iklan ARB versi menyapa petani ARB memiliki visi untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan memberikan sekolah gratis sampai tingkat SMA. Para mahasiswa memberikan persepsi bahwa iklan politik di televisi kurang dapat mempengaruhi keputusan pemilih dalam memilih calon presiden. Menurut mahasiswa iklan politik hanya berupa pelengkap kampanye, keputusan memilih tidak bisa hanya dilihat dari iklan politiknya saja tapi juga figur si kandidat, jadi pengaruh iklan politik prosentasenya hanya sedikit. Cara pandang mahasiswa sebagai pemilih dalam pemilu 2014 terhadap iklan politik cenderung lebih rasional karena mereka tidak sepenuhnya terpengaruh terhadap iklan, mahasiswa cenderung telah memiliki penilaian tersendiri mengenai kandidat sebelum terpengaruh oleh stimulus iklan. Kecenderungan persepsi partisipan terhadap capres Pemilu 2014 adalah bahwa kualitas kandidat bisa dinilai dengan sendirinya karena mereka sering muncul di televisi, sesuai dengan alasan mengapa iklan politik di televisi kurang memberikan pengaruh dalam keputusan memilih yang telah diungkapkan oleh para responden. Kata Kunci: Persepsi, Iklan Politik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 25 Sep 2015 13:45
    Last Modified: 25 Sep 2015 13:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19525

    Actions (login required)

    View Item