PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN AfL MELALUI STRATEGI PEMBERIAN BALIKAN UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan di Kelas XI IPA MA Al-Islam Jamsaren Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014)

KURNIASIH, RINI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN AfL MELALUI STRATEGI PEMBERIAN BALIKAN UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan di Kelas XI IPA MA Al-Islam Jamsaren Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (170Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Rini Kurniasih. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN AfL MELALUI STRATEGI PEMBERIAN BALIKAN UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan di Kelas XI IPA MA Al-Islam Jamsaren Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2014. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran kolaboratif dengan AfL melalui strategi pemberian balikan yang dapat meningkatkan perhatian siswa terhadap pembelajaran matematika dan mengetahui apakah model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi turunan. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah perhatian siswa terhadap pembelajaran dan prestasi belajar siswa. Perhatian siswa terhadap pembelajaran diperoleh dari hasil observasi dan angket pada setiap siklus, sedangkan untuk prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini setidaknya rata-rata persentase perhatian siswa dari observasi dan angket adalah mencapai 70%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa langkah pembelajaran dengan model pembelajaran kolaboratif dengan AfL melalui strategi pemberian balikan yang dapat meningkatkan perhatian siswa adalah: 1) pendahuluan: guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kriteria sukses, apersepsi dan motivasi. 2) kegiatan inti: guru memberikan gambaran kegiatan pembelajaran, menjelaskan sekilas materi, membagi siswa 4-5 orang untuk berdiskusi mengerjakan LKS, guru memantau dan membimbing siswa dalam penyelesaian soal, memberikan kesempatan kepada beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi, memberikan umpan balik, siswa mengerjakan soal AfL dan lembar jawaban dikumpulkan. Selanjutnya, guru memeriksa dan membahas sekilas soal AfL sebagai pemberian balikan dan hasil pekerjaan siswa dibagikan sebelum pertemuan selanjutnya. 3) penutup: guru bersama-sama siswa menyimpulkan pelajaran dan memberikan tugas rumah. Berdasarkan hasil observasi, persentase rata-rata perhatian siswa pada pra siklus sebesar 48,92%, siklus I mengalami peningkatan sebesar 17,97% menjadi 64,29% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 17,27% menjadi 81,56%. Persentase rata-rata hasil angket perhatian siswa pra siklus sebesar 53,82%, pada siklus I mengalami peningkatan 12,28% menjadi 66,10% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,46% menjadi 81,56%. Sedangkan hasil tes, persentase siswa yang tuntas pada siklus I 50% dan siklus II adalah 77,27%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kolaboratif dengan AfL melalui strategi pemberian balikan dapat meningkatkan perhatian siswa terhadap pembelajaran dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA MA Al-Islam Jamsaren Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Kata kunci: pembelajaran kolaboratif, AfL, feedback, perhatian siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 25 Sep 2015 13:26
    Last Modified: 25 Sep 2015 13:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19522

    Actions (login required)

    View Item