EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN ILMIAH PADA POKOK BAHASAN LIMIT FUNGSI DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PESERTA DIDIK SMA NEGERI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Ariyani, Dian Ratna (2015) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN ILMIAH PADA POKOK BAHASAN LIMIT FUNGSI DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PESERTA DIDIK SMA NEGERI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1320Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik antara peserta didik yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan pendekatan ilmiah ( MP TPS PI), model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS), dan model pembelajaran langsung (MP langsung); (2) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik antara peserta didik dengan adversity quotient (AQ) kategori quitter, camper, dan climber; (3) pada masing-masing kategori AQ peserta didik, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik penggunaan MP TPS PI, MP TPS, dan MP langsung; (4) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik peserta didik dengan AQ quitter, camper, dan climber. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dengan cara Stratified Cluster Random Sampling, banyaknya sampel 296 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket AQ dan tes prestasi belajar matematika. Metode dokumentasi, angket, dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Uji hipotesis digunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan : (1) prestasi belajar peserta didik pada MP TPS PI lebih baik dari MP TPS dan langsung, MP TPS lebih baik dari MP langsung; (2) prestasi belajar peserta didik AQ climber lebih baik daripada peserta didik AQ camper dan quitter, prestasi belajar peserta didik AQ camper lebih baik dari peserta didik AQ quitter; (3) peserta didik climber, MP TPS PI, TPS, dan langsung memberikan prestasi belajar yang sama; peserta didik camper, prestasi belajar pada MP TPS PI lebih baik dari MP TPS dan langsung, prestasi belajar pada MP TPS lebih baik dari langsung; peserta didik quitter, TPS PI, MP TPS dan langsung memberikan prestasi belajar yang sama, (4) pada MP TPS PI, prestasi belajar peserta didik AQ climber dan camper sama, prestasi belajar peserta didik AQ climber lebih baik dari peserta didik AQ quitter, prestasi peserta didik AQ camper lebih baik dari peserta didik AQ quitter; pada MP TPS, prestasi belajar peserta didik AQ climber lebih baik dari peserta didik AQ camper dan quitter, prestasi belajar peserta didik AQ camper lebih baik dari peserta didik AQ quitter; pada MP langsung, prestasi peserta didik AQ climber lebih baik dari peserta didik AQ camper dan quitter, prestasi belajar peserta didik AQ camper dan quitter sama. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Ilmiah, Think Pair Share dengan pendekatan ilmiah, Adversity Quotient (AQ).

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 25 Sep 2015 11:04
    Last Modified: 25 Sep 2015 11:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19515

    Actions (login required)

    View Item