PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI SMA NEGERI 5 SURAKARTA

PARENDRA, G HARLDY (2015) PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI SMA NEGERI 5 SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (151Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang: Kecemasan adalah sinyal yang menyadarkan, memperingatkan adanya bahaya yang mengancam dan memungkinkan seseorang mengambil tindakan untuk mengatasi ancaman. Ujian Nasional merupakan salah satu faktor yang dapat menimbulkan kecemasan pada siswa. Bimbingan belajar merupakan salah satu sarana pembelajaran di luar jam sekolah dengan fungsi membantu siswa dalam berlatih memecahkan soal-soal dengan cepat, sehingga siswa akan merasa kurang cemas dalam menghadapi Ujian Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan tingkat kecemasan antara siswa yang mengikuti dan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar dalam menghadapi Ujian Nasional. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik yang menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Surakarta. Sampel diambil menggunakan purposive sampling yang dilanjutkan menggunakan random sampling. Sampel dibagi menjadi 2 grup, siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Siswa kemudian mengisi (1) Formulir Biodata, (2) Kuesioner L-MMPI (3) Kuesioner T-MAS, jika siswa tidak memenuhi kriteria inklusi maupun eksklusi dan hasil kuesioner L-MMPI ≥10 maka sampel tidak dapat dipilih. Diperoleh data sebanyak 60 sampel yang dianalisis menggunakan Chi Square dengan menggunakan program SPSS 17.00 for Windows Program. Hasil Penelitian: Penelitian ini menunjukkan nilai X2 Chi-Square adalah 1,684, sedangkan p = 0,194 atau p > 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan tingkat kecemasan antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan tidak mengikuti bimbingan belajar dalam menghadapi Ujian Nasional. Simpulan Penelitian: Tidak terdapat perbedaan tingkat kecemasan antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan tidak mengikuti bimbingan belajar dalam menghadapi Ujian Nasional. Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Kecemasan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 23 Sep 2015 10:13
    Last Modified: 23 Sep 2015 10:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19492

    Actions (login required)

    View Item