INSTAGRAM DAN FASHION REMAJA (STUDI KASUS PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP TREND FASHION REMAJA DALAM AKUN @OOTDINDO TAHUN 2014)

SURYANI, FITRIA LISTIE (2015) INSTAGRAM DAN FASHION REMAJA (STUDI KASUS PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP TREND FASHION REMAJA DALAM AKUN @OOTDINDO TAHUN 2014). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (492Kb) | Preview

    Abstract

    Internet merupakan satu-satunya teknologi yang cepat dan mudah dalam memenuhi kebutuhan manusia dalam hal komunikasi. Seiring dengan perkembangannya, internet saat ini mampu melahirkan suatu jaringan baru yang biasa dikenal dengan media sosial. Dengan media sosial seseorang dapat berkomunikasi, berbagi informasi, bahkan meningkatkan eksistensi melalui akun pribadinya. Seiring berjalannya waktu, media sosial kini semakin beragam dan memiliki fitur-fitur yang semakin sederhana dalam penggunaannya, salah satunya adalah Instagram. Di Indonesia, kehadiran media sosial Instagram saat ini mampu membawa peran tersendiri terhadap cara berkomunikasi yang dilakukan oleh suatu komunitas. Ootdindo (Outfit of the Day Indonesia) merupakan salah satu komunitas yang bergerak di bidang fashion, bertujuan untuk memberi wadah untuk remaja berekspresi dengan pakaian mereka. Ootdindo berusaha menjaga konsistensi dengan menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana untuk berkomunikasi dalam perannya menyebarkan trend fashion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan apa saja peran media sosial Instagram terhadap trend fashion remaja di akun @ootdindo. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus kualitatif, dan menggunakan teori mengenai komunikasi, komunikasi massa, new media, media sosial, instagram, teori peran, trend, fashion dan remaja dan identitas diri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran media sosial Instagram @ootdindo terhadap trend fashion remaja antara lain adalah sebagai referensi remaja dalam mencari trend saat ini, media promosi akun-akun media sosial milik produk dan merek fashion, tempat update info terbaru seputar fashion, media remaja untuk mengikuti trend fashion saat ini, tempat update upcoming event seputar fashion, membantu remaja meningkatkan eksistensi diri di Instagram, dan memberikan fasilitas info berkarir di industri fashion bagi remaja. media sosial Instagram @ootdindo sebagai sarana menyebarkan trend fashion di kalangan remaja dinilai efektif karena media sosial Instagram dapat dengan mudah dan cepat dalam menyebarluaskan informasi yang ingin disampaikan kepada khalayak tanpa memikirkan jarak, ruang dan waktu. Keyword: new media, media sosial, instagram, trend fashion, remaja

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 23 Sep 2015 10:04
    Last Modified: 23 Sep 2015 10:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19490

    Actions (login required)

    View Item