PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP GAYA MAGNET MELALUI MODEL PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WATES NGANJUK TAHUN AJARAN 2013/2014

BANGKIT, FILLIPUS WISNU (2015) PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP GAYA MAGNET MELALUI MODEL PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WATES NGANJUK TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (1161Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini meningkatkan penguasaan konsep gaya magnet melalui model project-based learning. pada siswa kelas V SD Negeri Wates Nganjuk tahun ajaran 2013/2014. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Wates Nganjuk yang berjumlah 23 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model project-based learning dapat meningkatkan penguasaan konsep gaya magnet pada siswa kelas V SD Negeri Wates Nganjuk tahun ajaran 2013/2014. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata penguasaan konsep siswa pada pratindakan adalah 68,02 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 39,13% siswa yang mencapai batas nilai KKM sebesar 70. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 75,36 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 82,61%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 80,69, dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 95,65%. Selain itu, model project-based learning mengaktifkan siswa dalam melakukan proyek, meningkatkan interaksi antara siswa dengan siswa dan guru dengan siswa, serta meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa model project-based learning dapat meningkatkan penguasaan konsep gaya magnet pada siswa kelas V SD Negeri Wates Nganjuk tahun ajaran 2013/ 2014 Kata Kunci: Penguasaan konsep, gaya magnet, model project-based learning

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 23 Sep 2015 09:28
    Last Modified: 23 Sep 2015 09:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19484

    Actions (login required)

    View Item