PENERAPAN INKUIRI SOSIAL MELALUI GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH BAGI SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 GONDANG KABUPATEN SRAGEN PADA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Wasiyo, (2014) PENERAPAN INKUIRI SOSIAL MELALUI GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH BAGI SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 GONDANG KABUPATEN SRAGEN PADA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (500Kb) | Preview

    Abstract

    Abstrak : Wasiyo- S861302009. Penerapan Inkuiri Sosial Melalui Group Investigasi untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Sejarah bagi Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Sragen pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014. Tesis Pendidikian Pasca Sarajana. Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing I Dr. Sariyatun, M.Pd. M. Hum. Pembimbing II Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perencanaan penerapan inkuiri sosial melalui group investigasi dalam pembelajaran sejarah. (2) Pelaksanaan penerapann inkuiri sosial melalui group investigasi dalam pembelajaran sejarah. (3). Penerapan inkuiri sosial melalui group investigasi untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar sejarah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tahapan kegiatan pada setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Gondang, Kabupaten Sragen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, panduan observasi, dan studi dokumen. Dalam tindakan siklus I keaktifan dan prestasi sudah mengalami peningkatan signifikan, jika dibandingkan dengan kondisi awal. Pada siklus II keaktifan dan prestasi belajar siswa baik. Pada silus III keaktifan dan prestasi belajar siswa sangat baik. Teknik analisis dilakukan dengan nalisis interaktif, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpula dilakukan secara bersamaan. Nilai keaktifan siswa diperoleh dengan menganalisis hasil pengamatan. Prestasi belajar terdiri dari kompetensi kognitif, psikomotor, dan afektif. Nilai kognonitif diperoleh dengan menganalisis hasil pos tes. Nilai psikomotor diperoleh dengan menganalisis hasil laporan akhir dan unjuk kerja. Nilai afektif diperoleh dengan menganalisis hasil pengamatan sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan inkuiri sosial melalui group investigasi sangat baik digunakan dalam pembelajaran sejarah. Karena mengkombinasikan metode pembelajaran tersebut terbukti berhasil meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar. Nilai rata-rata keaktifan siswa pada kondisi awal xxii adalah 2,99. Pada siklus I meningkat menjadi 3,11 pada siklus II 3,23, dan pada siklus III (kondisi akhir) menjadi 3,41. (2) Kriteria ketuntasan minimal (KKM) untuk mata pelajaran sejarah pada kelas X IPS di SMA Negeri 1 Gondang pada tahun pelajaran 2013/2014 adalah 2,66. Batas ketuntasan belajar (klasikal) adalah 80 %. Penerapan ikuiri sosial melalui group investgasi berhasil meningkatkan prestasi belajar sejarah. Hasil pos tes pada kondisi awal mencapai ketuntasan 67,7 %. Pada siklus I meningkat menjadi 87,1 %, pada siklus II 90,3 %, dan silus III mencapai ketuntasan 100 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan inkuiri sosial melalui group investigasi efektif untuk meningkatkan kektifan dan prestasi belajar sejarah. Kata Kunci : Inkuiri Sosisal, Group Investigasi, Pembelajaran Sejarah, Keaktifan, dan prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 23 Sep 2015 07:36
    Last Modified: 23 Sep 2015 07:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19473

    Actions (login required)

    View Item