Uji Eksperimental Pengaruh Sudut Serang dan Posisi Sudu Turbin Angin Darrieus terhadap Daya Output Turbin Angin Hybrid Darrieus-Savonius

S, MUCHAMAD HAWIDHI (2015) Uji Eksperimental Pengaruh Sudut Serang dan Posisi Sudu Turbin Angin Darrieus terhadap Daya Output Turbin Angin Hybrid Darrieus-Savonius. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (94Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari eksperimen ini adalah untuk mengetahui pengaruh sudut serang dan posisi sudu turbin angin darrieus pada turbin angin hybrid darrieus-savonius. Pemodelan dibuat skala laboratorium dengan diameter 180 mm dan tinggi 180 mm pada turbin angin savonius, diameter 380 mm dan tinggi 380 mm pada turbin angin darrieus.Variasi sudut serang sudu darrieus yang digunakan adalah -15°, -10°, -5°, 0°, 5°, 10°, 15°. Variasi posisi sudu darrieus pada turbin angin hybrid darrieus-savonius adalah 0°, 10°, 20°, 30°, 40°, 50°, 60°, 70°, 80°, 90°, 100°, 110°. Turbin diuji dengan kecepatan angin 6,06 m/s hingga 11,49 m/s. Hasil penelitian ini menunjukkan kelebihan dari sistem hybrid pada turbin angin savonius dan turbin angin darrieus yaitu memberikan sistem self starting pada turbin angin darrieus dan meningkatkan performa pada turbin angin savonius. Turbin angin darrieus dengan sudut serang -5° memiliki performa tertinggi dengan daya tertinggi 1,126 watt dan koefisien daya puncak 2% pada tip speed ratio 1,23. Pada variasi sudut serang 0° ke -5° mengalami kenaikan performa tetapi pada variasi sudut serang -5° ke -10° dan -10° ke -15° mengalami penurunan. Turbin angin hybrid darrieus-savonius dengan posisi sudu darrieus 30° menghasilkan daya tertinggi yaitu 0,839 watt dan posisi sudu darrieus 0° menghasilkan daya terendah yaitu 0,706 watt. Kenaikan daya pada posisi sudu darrieus dari 0° ke 30° sebesar 18,91% dan rata-rata kenaikan daya untuk setiap variasi posisi sudu darrieus dari 0° ke 30° sebesar 1,72%. Turbin angin hybrid darrieus-savonius dengan posisi sudu darrieus 100° memiliki nilai koefisien daya tertinggi yaitu 2,38% pada tip speed ratio 1,31. Kata kunci: darrieus, savonius, sudut serang, hybrid, performa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 22 Sep 2015 14:54
    Last Modified: 22 Sep 2015 14:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19462

    Actions (login required)

    View Item