ESTIMASI MATRIK ASAL TUJUAN (MAT) DARI DATA ARUS LALULINTAS DENGAN METODE ESTIMASI KUADRAT TERKE CIL MENGGUNAKAN PIRANTI LUNAK EMME/ 3 (Studi Kasus Kota Surakarta)

ZADA, ELFA MONICA (2015) ESTIMASI MATRIK ASAL TUJUAN (MAT) DARI DATA ARUS LALULINTAS DENGAN METODE ESTIMASI KUADRAT TERKE CIL MENGGUNAKAN PIRANTI LUNAK EMME/ 3 (Studi Kasus Kota Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (817Kb) | Preview

    Abstract

    v A B S T R A K Elfa Monica Zada , 201 5 , Estimasi Matrik Asal Tujuan (MAT) d ari Data Arus Lalu Lintas d engan Metode Estimasi Kuadrat Terkecil Menggunakan Piranti Lunak E MME / 3 (Studi Kasus Kota Surakarta) . Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kota Surakarta saat ini menjadi daerah pusat perkembangan bisn is baru, sehingga kebutuhan transportasinya juga meningkat sehingga mengakibatkan permasalahan transportasi semakin kompleks. Transportasi harus dirancang sedemikian rupa agar meminimalisir permasalahan transportasi . Oleh karena itu, dilakukan penelitian u ntuk mengetahui besarnya parameter β dari estimasi model sebaran pergerakan dengan menggunakan metode gravity yang dinyatakan dalam bentuk Matrik Asal Tujuan (MAT). Selain itu untuk mengetahui tingkat validitas dari arus lalu lintas hasil pemodelan dengan arus lalu lintas hasil pengamatan di lapangan. Penelitian dilakukan di kota Surakarta sebagai daerah kajian dengan membagi Surakarta menjadi 65 zona dengan 51 zona i nternal dan 14 zona eksternal. Survei dilakukan pada 39 lokasi, yait u pada zona internal terdapat 25 lokasi dan pada zona eksternal terdapat 14 lokasi. Metode yang digunakan adalah model gravity dengan batasan tarikan dan bangkitan sebagai model estimasi MAT 201 5 dengan software EMME/3. Pada model gravity terdapat parameter β yang berfungsi sebagai faktor penentu besarnya nilai sebaran yang terjadi di setiap zona. Metode untuk memperoleh parameter β yang nantinya digunakan dalam perhitungan MAT hasil estimasi (fungsi hambatan Tanner) adalah metode kalibrasi Newton - Raphson menggunakan software Matlab . Nilai arus lalu lintas diperoleh dengan cara membebankan m atrik baru dan memasukan arus hasil pengamatan (traffic count) ke dalam jaringan jalan dengan metode pembebanan User Equilibrium . Uji Validitas menggunakan koefisien Determinasi (R²). Besa rnya nilai parameter β yang diperoleh dengan bantuan aplikasi software Matlab adalah 0,00 093 . Dari hasil perhitungan dengan bantuan EMME/3, diperoleh total jumlah estimasi pergerakan kota Surakarta pada tahun 2015 adalah 47549 smp/jam dengan tingkat validitas ( R 2 ) yang didapatkan sebesar 0, 8025 . Kata kunci : MAT , EMME/3, Matlab, Model Gravity

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 22 Sep 2015 14:49
    Last Modified: 22 Sep 2015 14:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19460

    Actions (login required)

    View Item