PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 GEMOLONG TAHUN 2013/2014

PERTIWI, RINA EKA (2015) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 GEMOLONG TAHUN 2013/2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (231Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Rina Eka Pertiwi. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 GEMOLONG TAHUN 2013/2014 Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Gemolong tahun 2013/2014, (2) pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Gemolong tahun 2013/2014, (3) pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Gemolong tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Muhammadiyah 3 Gemolong tahun 2013/2014. Penelitian dilakukan terhadap 72 siswa SMK Muhammadiyah 3 Gemolong. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling, proportionate sampling, dan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dengan skala Likert empat untuk data primer dan dokumentasi untuk data sekunder. Validitas data menggunakan rumus korelasi product moment dari Paerson dengan r hitung sebesar 0,361. Reliabilitas data menggunakan Cronbach Alpha > 0,6. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dengan aplikasi perangkat lunak SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi berganda Y= 29,663 + 0,529 X1 + 0,388 X2. Koofesien regresi bernilai positif artinya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dan kreativias guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Kepemimpinan Transformasional berpengaruh posistif signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Gemolong tahun 2013/2014 (harga t hitung > t tabel atau 5,411>1,995) pada taraf signifikansi 5%, (2) Kreativitas Guru berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Gemolong tahun 2013/2014 (harga t hitung > t tabel atau 2,982 > 1,995) pada taraf signifikansi 5%, (3) Gaya kepemimpinan transformasional dan kreativitas guru berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Gemolong tahun 2013/2014 sebesar 45,2%. Kata kunci: kepemimpinan, kreativitas guru, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 22 Sep 2015 14:20
    Last Modified: 22 Sep 2015 14:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19446

    Actions (login required)

    View Item