PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DISERTAI DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI REDOKS KELAS X-3 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

REZEKI, RINA DWI (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DISERTAI DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI REDOKS KELAS X-3 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (276Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Rina Dwi Rezeki. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DISERTAI DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI REDOKS KELAS X-3 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok redoks kelas X-3 di SMA Negeri Kebakkramat melalui penerapan metode Pembelajaran project Based Learning (PjBL) disertai dengan peta konsep. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, test serta angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Project Based Learning (PjBL) disertai dengan peta konsep pada materi redoks kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa. Peningkatan pada prestasi belajar aspek kognitif dari 41,67% pada siklus I menjadi 77,78% pada siklus II dan aspek afektif meningkat dari 58,33% pada siklus I menjadi 80, 55% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 77,78% pada siklus I menjadi 83,33% pada siklus II. Kata kunci: Penelitian tindakan kelas, project based learning (PjBL) peta konsep, redoks, prestasi belajar, aktivitas belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 22 Sep 2015 14:20
    Last Modified: 22 Sep 2015 14:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19445

    Actions (login required)

    View Item