The Effectiveness of Humanistic Teaching to Teach Writing Viewed from Students’ Creativity (An Experimental Research at the Tenth Grade Students of SMA Negeri 1 Purwodadi in the Academic Year of 2013/2014)

RAHAYU, RINA BUDI (2015) The Effectiveness of Humanistic Teaching to Teach Writing Viewed from Students’ Creativity (An Experimental Research at the Tenth Grade Students of SMA Negeri 1 Purwodadi in the Academic Year of 2013/2014). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (113Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Rina Budi Rahayu. S891208041. 2014. Keefektifan Pendekatan Humanistik untuk Mengajar Menulis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwodadi pada Tahun Ajaran 2013/2014 dilihat dari Kreativitas Siswa. Tesis. Pembimbing pertama: Dr.Ngadiso, M.Pd. Pembimbing kedua: Prof. Dr. Sri Samiati Tarjana. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Penelitian eksperimental ini diadakan untuk mengetahui apakah: *(1) Pendekatan Humanistik lebih efektif dibandingkan dengan Pendekatan Produk untuk mengajar keterampilan menulis; (2) siswa yang memiliki kreativitas tinggi memiliki keterampilan menulis lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki kreativitas rendah; (3) terdapat interaksi antara pendekatan mengajar dan tingkat kreativitas siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel; dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Dua variabel bebas yakni pendekatan dalam mengajar (Pendekatan Humanistik dan Pendekatan Produk) dan tingkat kreativitas siswa. Sementara itu, kemampuan menulis merupakan variabel terikat. Penelitian ini menguji pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian ini diadakan pada semester kedua terhadap siswa-siswi kelas X SMA Negeri 1 Purwodadi pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Dalam penelitian ini dua kelas menjadi sampel yakni kelas X Mia 6 sebagai kelas eksperimental dan kelas X Mia 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes kreativitas dan tes menulis. Sebelum digunakan, kedua tes tersebut harus diujikan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah instruksi dalam tes sudah jelas dan dapat dipahami secara mudah oleh siswa-siswi. Penelitian ini dilakukan selama sembilan kali pertemuan. Pertemuan terakhir digunakan untuk post test. Data hasil kemudian dianalisis menggunakan deskriptif statistik dan inferensial statistik. Deskriptif statistik digunakan untuk mengetahui mean, median, modus, standar deviasi, histogram, dan poligon dari nilai menulis siswa siswi. Inferensial statistik yang digunakan adalah ANOVA 2 x 2. Analisis kemudian dilanjutkan dengan menggunakna Tukey tes. Sebelum menggunakan ANOVA 2 x 2, peneliti melakukan pre-requisite test yang terdiri dari normaliti dan homogeniti tes. Berdasarkan analisis, ketiga tujuan* dari diadakan penelitian eksperimental ini dapat tercapai. Berdasarkan hasil temuan, disarankan bagi guru untuk menggunakan Pendekatan Humanistik. Kreativitas sangatlah mempengaruhi kemampuan menulis, jadi guru harus lebih innovatif untuk meningkatkan kreatifitas siswa selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Dengan cara demikian, siswa dapat meraih kesuksesan dan prestasi dalam belajar secara mudah. Kata Kunci: penelitian eksperimental, menulis, pendekatan humanistik, pendekatan produk, dan kreativitas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 22 Sep 2015 14:12
    Last Modified: 22 Sep 2015 14:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19443

    Actions (login required)

    View Item