NOVEL LARUNG KARYA AYU UTAMI: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA, NILAI PENDIDIKAN, DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS

IMASTUTI, NEZARA (2015) NOVEL LARUNG KARYA AYU UTAMI: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA, NILAI PENDIDIKAN, DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (228Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Nezara Imastuti. K1210036. NOVEL LARUNG KARYA AYU UTAMI: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA, NILAI PENDIDIKAN, DAN RELEVANSINYASEBAGAI BAHAN AJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Januari 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Larung karya Ayu Utami; (2) konflik batin tokoh-tokoh dalam novel Larung karya Ayu Utami; dan (3) nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Larung karya Ayu Utami; serta (4) relevansinya sebagai bahan ajar di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Sumber data utama adalah novel Larung karya Ayu Utami. Teknik sampling penelitian ini menggunakan purposive sampling dan analisis datanya menggunakan teknik analisis mengalir serta wawancara mendalam. Hasil penelitian yang diperoleh dalam novel Larung karya Ayu Utami antara lain: (1) tema: intrik politik, seks, dan mistik; (2) tokoh: Larung, Cok, Laila, Shakuntala, Yasmin, Saman, Anson; (3) latar: Jakarta, New York, perairan Riau; (4) alur: campuran; (5) sudut pandang: campuran; (6) amanat: pentingnya menjadi seorang berkepribadian tegas; (7) gaya bahasa: personifikasi, metonimia, asosiasi, metafora, sarkasme, pleonasme repetisi, dan eufimisme; (8) nilai pendidikan: agama, sosial, budaya, dan moral; (9) novel Larung karya Ayu Utami dapat dijadikan bahan ajar di SMA. Simpulan penelitian ini adalah novel Larung karya Ayu Utami dapat dijadikan sebagai bahan ajar dan contoh novel modern yang sarat dengan nilai pendidikan untuk siswa SMA kelas XII. Kata kunci: psikologi, relevansi, sastra, novel Larung, nilai pendidikan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 22 Sep 2015 13:34
    Last Modified: 22 Sep 2015 13:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19430

    Actions (login required)

    View Item