TITLE THE USE OF ROUND TABLE TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL (An Action Research in the Tenth Grade of SMA Negeri Kebakkramat in Academic Year 2013/2014)

PUTRI, NETA ELISABETH (2015) TITLE THE USE OF ROUND TABLE TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL (An Action Research in the Tenth Grade of SMA Negeri Kebakkramat in Academic Year 2013/2014). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1026Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Neta Elisabeth Putri. K2210056. PENGGUNAAN TEKNIK ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X SMA Negeri Kebakkramat pada Tahun Akademik 2013/2014). Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Desember 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses belajar dan mengajar ketika teknik Round Table digunakan dan untuk mengetahui bagaimanakah teknik Round Table diterapkan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks narrative pada siswa kelas X SMA Negeri Kebakkramat pada tahun akademik 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri Kebakkramat tahun akademik 2013/2014. Komposisi siswa kelas X-7 adalah 26 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, diari, dan tes. Tes diadakan sebelum tindakan (pre-test) dan pada akhir tiap siklus (post-test 1 dan post-test 2). Hasil tes dianalisis untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa setelah teknik Round Table diterapkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan menulis siswa. Hasil ini didukung oleh nilai siswa yang meningkat secara signifikan. Nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 56. Nilai rata-rata siswa pada post-test 1 adalah 71 dan 82 pada post-test 2. Dengan mengikuti prosedur Round Table, siswa belajar tahapan menulis teks. Siswa mampu melengkapi teks dengan informasi rinci, menggunakan kosa kata yang bervariasi, menghasilkan teks yang lebih panjang dengan kesalahan tata bahasa minimal, dan menghasilkan alur cerita yang menarik sesuai dengan tujuan teks. Ketika teknik Round Table digunakan, siswa terlibat secara aktif. Teknik Round Table sebagai teknik pembelajaran kooperatif dan kolaboratif juga menciptakan pembelajaran berbasis siswa dimana siswa berpatisipasi dalam proses belajar mengajar. Dalam mengikuti prosedur Round Table, siswa bergiliran menulis frasa pada storyboard dan menulis kalimat pada pembuatan draft. Setelah itu, siswa berdiskusi kelompok dalam proses editing. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan teknik Round Table dengan beberapa adaptasi dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa, menciptakan pembelajaran aktif dan pembelajaran berbasis siswa pada pengajaran writing di kelas X SMA Negeri Kebakkaramat. Kata kunci: teknik round table, kemampuan menulis, penelitian tindakan kelas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 22 Sep 2015 13:22
    Last Modified: 22 Sep 2015 13:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19428

    Actions (login required)

    View Item