HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN DIKSI DAN MINAT MENULIS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X MAN SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Nasution, Wan Nurul Atikah (2015) HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN DIKSI DAN MINAT MENULIS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X MAN SURAKARTA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb) | Preview

    Abstract

    Kemampuan menulis teks eksposisi penting untuk diteliti karena memiliki hubungan dengan penguasaan diksi dan minat menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) penguasaan diksi dengan kemampuan menulis teks eksposisi; (2) minat menulis dengan kemampuan menulis teks eksposisi; serta (3) penguasaan diksi dan minat menulis secara bersama-sama dengan kemampuan menulis teks eksposisi. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X MAN Surakarta di Propinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan strategi survai melalui studi korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Surakarta, sedangkan sampelnya berjumlah 100 orang berasal dari MAN 1 dan MAN 2 yang dijaring dengan teknik proportional sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan menulis teks eksposisi, tes penguasaan diksi, dan angket minat menulis. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi (sederhana/ganda) dan korelasi (sederhana/ ganda). Hasil analisisnya menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif antara penguasaan diksi dengan kemampuan menulis teks eksposisi, dengan perolehan melalui garis regresi linear sederhana Y = 17,09 + 2,37 X1 . Hasil uji t menunjukkan t=15,97 > tt=1,66 sehingga dinyatakan signifikan; (2) ada hubungan positif antara minat menulis dengan kemampuan menulis teks eksposisi, dengan perolehan melalui garis regresi linear sederhana Y = -15,37 + 0,79 X2. Hasil uji t menunjukkan t=12,75 > tt=1,66 sehingga dinyatakan signifikan; dan (3) ada hubungan positif antara penguasaan diksi dan minat menulis secara bersama-sama dengan kemampuan menulis teks eksposisi, dengan perolehan melalui garis regresi linear ganda Y = -5,00 + 1,63 X1 + 0,36 X2. Hasil uji F menunjukkan F0=175,35 > Ft=4,88 sehingga dinyatakan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks eksposisi ditentukan oleh penguasaan diksi dan minat menulis. Oleh karena itu, dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi, disarankan guru Bahasa Indoensia untuk memperhatikan kedua aspek tersebut. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Teks Eksposisi, Penguasaan Diksi, Minat Menulis

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PK Indo-Iranian
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 22 Sep 2015 09:40
    Last Modified: 22 Sep 2015 09:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19423

    Actions (login required)

    View Item