EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS MIND MAPPING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI SEKABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Utomo, Wahyu (2014) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS MIND MAPPING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI SEKABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (701Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika dilihat dari gaya belajar siswa. Model pembelajaran yang dibandingkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis mind mapping, model pembelajaran kooperatifNHTdan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi adalah siswa SMP Negeri di Kabupaten Pacitan pada tahun pelajaran 2013/2014. Ukuran sampel 237 siswa terdiri dari 79 siswa dalam kelompok eksperimen pertama, 80 siswa dalam kelompok eksperimen kedua dan 78 siswa pada kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar matematika dan angket gaya belajar. Data dianalisis dengan menggunakan anava dua jalan dengan frekuensi sel yang tidak sama. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) NHT berdasarkan mind mapping memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada prestasi NHT dan model pembelajaran langsung, NHT memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung. (2) siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar auditori dan kinestetik, siswa dengan gaya belajar auditori memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik. (3) Untuk semua model, siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar auditori dan kinestetik, siswa dengan gaya belajar auditori memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik. (4) Untuk semua gaya belajar yang dimiliki siswa, NHT berdasarkan mind mapping memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada NHT dan model pembelajaran langsung, model NHT memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada prestasi model pembelajaran langsung. Kata Kunci: NHT, mind mapping, gaya belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 21 Sep 2015 19:49
    Last Modified: 21 Sep 2015 19:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19417

    Actions (login required)

    View Item